Judul skripsi teknik mesin yang saya sajikan ini adalah pilihan dan saya berharap sekali bisa memberi manfaat buat temen-temen semuanya yang pada saat ini sedang galau menentukan judul skripsi teknik mesin yang paling pas.
Judul Skripsi Teknik Mesin Download Terbaru Mudah Dikerjakan
RANCANG BANGUN SOFTWARE MAINTENANACE SYSTEM ANALYSISRANCANG BANGUN DRIVE TRAIN DAN BRAKE SYSTEM PADA KENDARAAN HYBRID RODA TIGA BERNAMA SAPUJAGAD
STUDI EKSPERIMENTAL PERBANDINGAN PENGARUH VARIASI SOLUTION TREATMENT PADA PERLAKUAN PANAS PRECIPITATION HARDENING T6 TERHADAP SIFAT MEKANIK PADUAN Al-Si-Mg
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI SUDUT MIRING DAN SUDUT PUTAR TERHADAP KETELITIAN SUDUT PADA FLEXIBLE FIXTURE DENGAN PROSES PEMESINAN MILLING
STUDI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK MODEL REGENERATIVE SHOCK ABSORBER (RSA) UNTUK KENDARAAN TEMPUR RODA RANTAI
KARAKTERISASI PROSES GASIFIKASI DOWNDRAFT BIOMASSA TEMPURUNG KELAPA SISTEM KONTINYU DENGAN VARIASI PERBANDINGAN UDARA-BAHAN BAKAR (AFR) DAN UKURAN BIOMASSA
STUDI NUMERIK PENGARUH VARIASI TEMPERATUR AIR HEATER TERHADAP KARAKTERISTIK PENGERINGAN BATUBARA PADA FLUIDIZED BED COAL DRYER DENGAN TUBE HEATER TERSUSUN STAGGERED
PERANCANGAN TURBIN FRANCIS PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO ”Studi Kasus Di Desa Manggisan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember”
PERANCANGAN ULANG SUDU KOMPRESOR AKSIAL PADA MESIN TURBOPROPELER PT6A-27 DENGAN PUTARAN POROS 36750 RPM
RANCANG ULANG POMPA SENTRIFUGAL UNTUK MENTRANSFER CRUSHER SLURRY DARI CRUSHER PLANT KE CONCENTRATOR DENGAN KAPASITAS 8066 GPM DAN KONSENTRASI BERAT SOLID 37,3 % (Studi Kasus Di PT. Freeport Indonesia)
RANCANG BANGUN SOFTWARE UNTUK MENGUKUR KECEPATAN DAN PERCEPATANSEBUAH PARTIKEL DENGAN FREKUENSI TINGGI MELALUI MULTIMEDIA
PERANCANGAN ELECTRICAL SUBMERSIBLE PUMP DENGAN KAPASITAS 54 M3/JAM DAN HEAD POMPA 204 METER
PERANCANGAN SISTEM KENDALI PEMERAH SUSU SAPI OTOMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER ATMEGA 8
PERHITUNGAN ULANG SISTEM PENGKONDISIAN UDARA DI AREA FOOD COURT MALL CITY OF TOMORROW SURABAYA
PENGEMBANGAN ALGORITMA SISTEM KENDALI CERDAS DENGAN METODE ADAPTIVE PID UNTUK INVERTED PENDULUM
PENGEMBANGAN MEKANISME PEMANEN ENERGI GERAK ANGULAR TEKUKAN LUTUT PADA AKTIFITAS BERJALAN/BERLARI MANUSIA DENGAN METODE INDUKSI ELEKTROMAGNETIK
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI GEOMETRI KUMPARAN DAN VARIASI AMPLITUDO TERHADAP VOLTASE YANG DIHASILKAN PADA MEKANISME VIBRATION ENERGY HARVESTING (VEH)
OPTIMASI PENJADWALAN WELLSERVICE DAN WORKOVER DENGAN KRITERIA KERUGIAN PRODUKSI DI PERUSAHAAN MINYAK
RANCANG BANGUN SISTEM PEMBANGKIT DAYA MENGGUNAKAN GENERATOR ELEKTRIK PADA SPEED BUMP PENGHASIL ENERGI LISTRIK DENGAN MEKANISME FLY WHEEL
PENGEMBANGAN ALGORITMA SISTEM KENDALI CERDAS DENGAN METODE ADAPTIVE FUZZY UNTUK INVERTED PENDULUM
PERHITUNGAN ULANG SISTEM PENGKONDISIAN UDARA DI AREA LOBI B MALL CITY OF TOMORROW SURABAYA
STUDI EKSPERIMEN SMART SUSPENSION SYSTEM DENGAN MENGGUNAKAN FERROFLUID
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH PERUBAHAN KECEPATAN ANGIN TERHADAP EFISIENSI DAYA DAN PUTARAN KRITIS PADA MINI WIND CATCHER
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH SUDUT STAGGER SILINDER TERIRIS TIPE-I SEBAGAI PENGONTROL PASIF TERHADAP GAYA AERODINAMIKA SILINDER UTAMA SIRKULER, ”Studi kasus untuk sudut stagger α= 0˚,2˚,4˚,6˚,8˚,10˚,12˚,14˚ d
ANALISA TEGANGAN LENGAN AYUN HONDA ASTREA SUPRA X 100 CC AKIBAT MELEWATI JALAN BERLUBANG
RANCANG BANGUN ALAT PEMANEN KENTANG BAGIAN PENGERUK DAN CONVEYOR
RANCANG BANGUN SISTEM SUPPLY BROWN GAS 6 RUANG TERSUSUN SERI DAN IMPLEMENTASINYA PADA MOBIL ESSPAS 1300 CC
RANCANG BANGUN ALAT PEMANEN KENTANG BAGIAN AYAKAN DAN SISTEM TRANSMISI DAYA
ANALISA KERUSAKAN PLAIN TUBE HIGH PRESSURE SECONDARY ECONOMIZER HRSG 3.2 PLTGU PT. PJB UP GRESIK DITINJAU DARI ASPEK KOROSI
STUDI EKSPERIMENTAL UMUR LELAH ALUMINIUM 2024 AKIBAT PERLAKUAN PANAS HASIL QUENCH DAN AGING DENGAN BEBAN LENTUR PUTAR PADA HIGH CYCLE FATIGUE
PERANCANGAN CYLINDRICAL VESSEL HENISPHERICAL HEAD PADA BARGE PENGANGKUT CNG (COMPRESSED NATURAL GAS)
STUDI EKSPERIMEN DAN NUMERIK KARAKTERISTIK BOUNDARY LAYER TURBULEN PADA PELAT DATAR BERALUR BUJUR SANGKAR TUNGGAL
STUDI NUMERIK KARAKTERISTIK ALIRAN 3 DIMENSI DISEKITAR MODEL SAPUANGIN DENGAN RASIO GROUND CLEARANCE TERHADAP PANJANG MODEL (C/L = 0.054)
PERANCANGAN POMPA SENTRIFUGAL MULTISTAGE UNTUK ORGANIC RANKINE CYCLE DENGAN FLUIDA KERJA R-123 SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK
PERANCANGAN KONDENSOR DAN EVAPORATOR UNTUK ORGANIC RANKINE CYCLE DENGAN FLUIDA KERJA R-123 SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH TEMPERATUR AGING TERHADAP SIFAT MEKANIK PADA PENGERASAN PRESIPITASI PADUAN ALUMINIUM TIPE 2024
ANALISA LAJU PRODUKSI, SETTING KEDALAMAN DAN PERANCANGAN INSTALASI ELECTRIC SUBMERSIBLE PUMP (ESP) UNTUK MENDAPATKAN TAMBAHAN MINYAK YANG OPTIMUM (STUDI KASUS DI SUMUR X KONDUR PETROLEUM SA. PT. ENERGI MEGA PERSADA)
STUDI EKSPERIMENTAL DAN NUMERIK KARAKTERISTIK BOUNDARY LAYER TURBULEN PADA PELAT DATAR BERALUR BUJUR SANGKAR TUNGGAL DENGAN MODIFIKASI PADA SISI DOWNSTREAM ALUR
STUDI EKSPERIMEN DAN NUMERIK KARAKTERISTIK BOUNDARY LAYER TURBULEN DI DALAM ASYMMETRIC FLAT-WALLED DIFFUSER 20 “Studi Kasus bilangan Reynolds, ReW1 ≈ 58.500 dan ReW1 ≈ 105.000”
STUDI EKSPERIMEN DAN NUMERIK KARAKTERISTIK TURBULENT BOUNDARY LAYER PADA PELAT DATAR BERALUR U TUNGGAL
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN KNEE PROTOTYPE MELALUI INVESTMENT CASTING (MENGGUNAKAN SIMULASI CAE ADSTEFAN)
STUDI EKSPERIMENTAL UNJUK KERJA KOLEKTOR SURYA V-GROOVE ABSORBER TERHADAP PERUBAHAN ASPEK RASIO PADA HONEYCOMB
PERANCANGAN TURBIN UAP UNTUK ORGANIC RANKINE CYCLE DENGAN FLUIDA KERJA R-123 SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK
RANCANG BANGUN KURSI RODA YANG BISA NAIK TANGGA
STUDI NUMERIK DISTRIBUSI TEMPERATUR DAN KECEPATAN UDARA PADA RUANG BEDAH JANTUNG RUMAH SAKIT DR. SOETOMO SURABAYA
ANALISA PROSES PERMESINAN DAN BIAYA PRODUKSI PADA MESIN HOT PRESS BERBASIS PLC
ANALISA KARAKTERISTIK PERPINDAHAN PANAS EVAPORATOR TIPE DOUBLE TUBULAR PIPE PADA UNIT PENDINGIN ABSORPSI DIFUSI AMONIA-AIR DENGAN VARIASI BEBAN PENDINGINAN DAN DAYA GENERATOR
STUDI AWAL PEMANFAATAN THERMOELECTRIC MODULE SEBAGAI ALAT PEMANEN ENERGI
ANALISA FAKTOR INTENSITAS TEGANGAN PADA PLAT ALUMINIUM 2024 T3 UNTUK KASUS CENTER CRACK TENSION
STUDI EKSPERIMENTAL LAJU PROSES PIROLISA SERBUK KAYU PADA INCENERATOR
ANALISA FATIQUE PADA POROS GRINDING ROLLER UNTUK RAW GRINDING MILL DI PT. INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA Tbk. PLANT 10 CIREBON
STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG KARAKTERISTIK ALIRAN MELINTASI TIGA SILINDER TERIRIS TYPE I : "STUDI KASUS TENTANG INTERAKSI DUA SILINDER UPSTREAM DAN DOWNSTREAM UNTUK VARIASI JARAK LONGITUDINAL"
PERANCANGAN PENGERING MEBEL ROTAN DENGAN PEMANFAATAN GAS ASAP DARI RUANG BAKAR KETEL UAP
ANALISA FAKTOR INTENSITAS TEGANGAN DENGAN METODE INTEGRAL-J PADA SPECIMEN CENTER CRACK TENSION UNTUK RASIO TEGANGAN BERBEDA
ANALISA KEANDALAN SECARA KUANTITATIF DAN KUALITATIF SEBAGAI BASIS PERAWATAN MESIN STUDI KASUS PADA SISTEM MILLING UNTUK BOILER UNIT 7 PT.EMOMI PLTU PAITON PROBOLINGGO
PERANCANGAN ULANG ALAT PELUNAK ROTAN DENGAN UAP JENUH
STUDI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK ALIRAN MELEWATI DUA AIRFOIL: "Studi Kasus Interaksi Dua Airfoil yang Disusun Saling Overlap Untuk Vanasi Jarak Vertikal dan Horisontal Celah Overlap"
ANALISA PERILAKU TRAKSI PADA KONDISI SLIP MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0
ANALISA POSISI KENDARAAN PADA KOORDINAT GLOBAL BERDASARKAN PERGERAKAN PUSAT MASSA UNTUK KONDISI JALAN MENIKUNG DATAR DENGAN METODE QUASI DINAMIK
EXPERIMENTAL STUDY OF INfLUENCE STRAIGHT INTAKE MANIFOLD LENGTH ON FOUR STROKE SINGLE CYLINDER GASOLINE ENGINE PERFORMANCE CB 125 cc
STUDI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK ALIRAN PADA AIRFOIL TIDAK SIMETRIS YANG MEMPUNYAI PERUBAHAN GRADIEN KONTUR PADA LOWER SIDE
ANALISA KEKUATAN PIN PISTON HONDA SUPRA 4 TAK 100 CC
SIMULASI SISTEM-SISTEM REFRIGERASI DENGAN BAHASA PEMOGRAMAN DELPHI 5
STUDI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK ALIRAN FLUIDA MELEWATI SILINDER GANDA SUSUNAN TRANSVERSAL DENGAN DISTURBANCE SILINDER TERIRIS TIPE D PADA VARIASI JARAK LONGITUDINAL
SIMULASI SISTEM TENAGA UAP DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI 7
STUDI EKSPERIMENTAL IDENTIFIKASI KAVITASI PADA ELBOW 90 derajat BERDASARKAN SPEKTRUM GETARAN DAN TINGKAT KEBISINGAN SUARA
PENGARUH PRESIPITASI KARBIDA AKIBAT PROSES PERLAKUAN PANAS TERHADAP KETAHANAN KOROSI PADA STAINLESS STEEL 304 DAN 304 L
APLIKASI GALVASHIELD XP SEBAGAI PROTEKSI TERHADAP KOROSI PADA BAJA TULANGAN DALAM STRUKTUR BETON DI LINGKUNGAN AIR LAUT
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH JARAK FIN DAN ANGKA REYNOLD TERHADAP UNJUK KERJA SUSUNAN TUBE ALIGNED BERFIN KONTINYU
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK SISTEM PAKAR KETEL UAP DI PABRIK GULA TJOEKIR JOMBANG
STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG KARAKTERISTIK ALIRAN MELINTASI SILINDER GANDA TERIRIS TIPE D: "STUDI KASUS PENGARUH SUDUT IRISAN DENGAN PENAMPANG IRISAN YANG KONVERGEN DALAM ARAH ALIRAN DAN SUDUT SERANG DENGAN SUMBU SILINDER SEBAGAI SUMBU PUTAR TETAP"
PENGARUH PRESIPITASI KARBIDA AKIBAT PROSES PENGELASAN TERHADAP KETAHANAN KOROSI PADA STAINLESS STEEL TIPE 304 DAN 304L
PENGARUH PRESIPITASI KARBIDA AKIBAT PROSES PERLAKUAN PANAS TERHADAP KETAHANAN KOROSI PADA STAINLESS STEEL 316 DAN 316L
PERENCANAAN SILENT CHAIN DENGAN PERANGKAT LUNAK
ANALISA KESTABILAN ARAH KENDARAAN PADA SAAT PENGEREMAN DENGAN PERSENTASE SKID RODA SEBAGAI PAREMENTER KENDALI
PERANCANGAN SEPEDA PASCA
PENGARUH VARIABEL DIAMETER SHOULDER TOOL DAN KECEPATAN PUTAR TOOL TERHADAP IMPACT STRENGTH, KEKERASAN DAN METALLOGRAFI HASIL LAS-LASAN PADA PROSES FRICTION STIR WELDING ALUMINIUM SERI 5083 DENGAN MENGGUNAKAN SQUARE STRAIGHT PIN
ANALISIS KEKUATAN DAN DEFORMASI PISTON MESIN BENSIN- BIO ETANOL DAN GAS DENGAN INJEKSI LANGSUNG UNTUK KENDARAAN NASIONAL DENGAN SIMULASI NUMERIK
KARAKTERISTIK GETARAN DAN EFISIENSI KOMPRESOR TORAK AKIBAT PERUBAHAN PROFIL PADA VALVE SEAT SISI DISCHARGE
STUDI EKSPERIMEN VARIASI BEBAN PENDINGINAN PADA EVAPORATOR MESIN PENDINGIN DIFUSI ABSORBSI MUSICOOL22 - DMF
KARAKTERISTIK GETARAN DAN TEKANAN RUANG SILINDER AKIBAT VARIASI PUTARAN KOMPRESOR PADA LIMA MODEL PROFIL DUDUKAN KATUP TEKAN SEBUAH KOMPRESOR TORAK
PENGEMBANGAN PENYANGGA BOX MOBIL PICK UP MULTIGUNA PEDESAAN
MENGUKUR KECEPATAN DAN PERCEPATAN GERAK KAKI MANUSIA MENGGUNAKAN KAMERA DIGITAL
MODIFIKASI SPRING BARREL RAILBUS UNTUK MEMPERBAIKI KEKAKUAN KE ARAH HORISONTAL
DESAIN DAN ANALISA SISTEM SUSPENSI KENDARAAN MULTIGUNA PEDESAAN
DESAIN SISTEM KENDALI ROTARY PENDULUM DENGAN SLIDING-PID
PENGEMBANGAN PROTOTIPE HYBRID SHOCK ABSORBER : KOMBINASI VISCOUS DAN REGENERATIVE SHOCK ABSORBER
ANALISA UNJUK KERJA SECONDARY SUPERHEATER PT. PJB UP GRESIK DAN EVALUASI PELUANG PENINGKATAN EFFECTIVENESS DENGAN CARA VARIASI JARAK, JUMLAH DAN DIAMETER TUBE
DESAIN COMPACT HEAT EXCHANGER TIPE PLATE FIN SEBAGAI PENDINGIN MOTOR PADA BOILER FEED PUMP STUDI KASUS PLTU PAITON, PJB
STUDI NUMERIK KARAKTERISTIK PEMBAKARAN NATURAL GAS DI DALAM BOILER FURNACE DENGAN VARIASI SUDUT SWIRL VANES UNTUK TERTIARY COMBUSTION AIR PADA RADIALLY STRATIFIED FLAME CORE BURNERS (STUDI KASUS PLTU UNIT 1, PT. PJB UP GRESIK)
STUDI EKSPERIMEN PENGARUH VARIASI TEMPERATUR DAN KECEPATAN UDARA PENGERING TERHADAP KARAKTERISTIK PENGERINGAN BATUBARA PADA COAL DRYER DENGAN TUBE HEATER TERSUSUN STAGGERED
STUDI EKSPERIMEN PERBANDINGAN PENGARUH VARIASI TEKANAN INLET TURBIN DAN VARIASI PEMBEBANAN TERHADAP KARAKTERISTIK TURBIN PADA ORGANIC RANKINE CYCLE
MEMPREDIKSI KEBUTUHAN ALAT BONGKAR MUAT DAN TRUK MELALUI METODE SIMULASI (STUDI KASUS: TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG)
RE-DESIGN DAN MODIFIKASI GENERATOR COOLER HEAT EXCHANGER PLTP KAMOJANG UNTUK MENINGKATKAN PERFORMASI
ANALISA NUMERIK PENGARUH TEKANAN HIDROSTATIK PADA MATERIAL KOMPOSIT DENGAN RATIO PERBANDINGAN 60% CARBON FIBRE - 40% EPOXY YANG DIPADUKAN DENGAN METAL LINER PADA BAGIAN HULL AUV ITS 01B
ANALISA KEGAGALAN LOW PRESSURE TURBINE BLADE PADA MESIN APU TSCP700-4B PESAWAT DC-10-30
PENGARUH PENGGUNAAN FREKUENSI LISTRIK TERHADAP PERFORMA GENERATOR HHO DAN UNJUK KERJA ENGINE HONDA KHARISMA 125CC
KAJIAN TRIBOLOGI GESEKAN ANTARA MATERIAL KOMPOSIT HIDROKSIAPATIT (HA) + POLYMETHYL METHACRYLATE (PMMA) DENGAN ULTRA HIGH MOLECULAR WEIGHT POLYETHYLENE (UHMWPE) SEBAGAI PROSTHESIS SENDI RAHANG (TMJ) PADA MANUSIA
PERANCANGAN MEKANISME UJI KARAKTERISTIK SISTEM KEMUDI
RE-DESIGN DAN RE-CALCULATION HIGH PRESSURE HEATER (HPH) 7 PT PJB UP PAITON PADA ZONA DESUPERHEATING MENGGUNAKAN ANALISA TERMODINAMIKA DAN PERPINDAHAN PANAS
PERANCANGAN ALAT PENUKAR KALOR DALAM ORGANIC RANKINE CYCLE UNTUK MEMANFAATKAN WASTE HEAT RECOVERY DARI BLOWDOWN REBUSAN(STERILIZER) SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK 100 KW PADA PABRIK KELAPA SAWIT
REDESIGN & RECALCULATION HIGH PRESSSURE HEATER (HPH) 7 PT PJB UP PAITON PADA ZONA SUBCOOLING DENGAN ANALISA TERMODINAMIKA DAN PERPINDAHAN PANAS
RE-DESIGN HIGH PRESSURE HEATER (HPH)6 PT PJB UP PAITON PADA ZONA SUBCOOLING DENGAN ANALISA TERMODINAMIKA DAN PERPINDAHAN PANAS
PENGARUH VARIASI ELEKTROLIT KALIUM HIDROKSIDA (KOH) PADA GENERATOR HHO TERHADAP UNJUK KERJA DAN EMISI GAS BUANG MESIN SUPRA X PGM FI 125 cc
STUDI SIMULASI NUMERIK DAN EKSPERIMEN KARAKTERISTIK ALIRAN DAN PERPINDAHAN PANAS PADA MEDIA BERPORI DENGAN MEMODELKAN STEEL BALL DIBENTUK KUBUS UNTUK POROSITAS 47,6%
STUDI NUMERIK PENGARUH JARAK BAFFLE TERHADAP KARAKTERISTIK ALIRAN DAN PERPINDAHAN PANAS PADA SHELL AND TUBE HEAT EXCHANGER
PENGEMBANGAN SISTEM PENGINDERAAN JAUH AUV BERBASIS PADA SENSOR INFRA MERAH DAN SENSOR SONAR RADAR
PENGEMBANGAN DESAIN SISTEM SUPLAI BROWN’S GAS MODEL 6 CELL TERSUSUN SERI DAN IMPLEMENTASINYA PADA MOBIL SUZUKI KARIMUN GX 970 CC
STUDI EKSPERIMENAL PENGARUH VARIASI MASSA BANDUL TERHADAP POLA GERAK BANDUL DAN VOLTASE BANGKITAN GENERATOR PADA SIMULATOR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA GELOMBANG LAUT - SISTEM BANDUL KONIS
PENGEMBANGAN ALGORITMA SISTEM IDENTIFIKASI MATA MANUSIA BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DENGAN METODE GABOR PADA PERALATAN AOI (AUTOMATED OPTICAL INSPECTION)
STUDI EKSPERIMENTAL PEMANEN ENERGI BIOMEKANIK PRINSIP INJAKAN KAKI MANUSIA PADA POSISI DUDUK
PEMANFAATAN WASTE ENERGY RECOVERY UNTUK SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK SEBESAR 1 MW DENGAN MENGGUNAKAN ORGANIC RANKINE CYCLE DI PT. PJB PAITON PROBOLINGGO
PEMODELAN DAN SIMULASI RELIABILITY PADA PTP NUSANTARA X PG.WATOE TOELIS DENGAN SOFTWARE RAPTOR
UJI KARAKTERISTIK MEKANISME PENGHASIL ENERGI LISTRIK PADA SPEED BUMP DENGAN MEKANISME FLYWHEEL
STUDI NUMERIK DUA DIMENSI PADA SUHU GERAK TURBIN UAP ORGANIC RANKINE CYCLE (ORC) DENGAN VARIASI SUDUT NOZEL (α=20, 22)
PERENCANAAN MEJA PENYELAMAT DAN PELINDUNG SAAT TERJADI GEMPA
STUDI SIMULASI PENGARUH TEMPERATUR INJEKSI, TEKANAN HOLDING, DAN WAKTU PENDINGINAN TERHADAP CACAT SHRINKAGE DAN WARPAGE PADA PRODUK BAGASI SEPEDA MOTOR (HONDA)
ANALISA TERMODINAMIS PERFORMANSI MESIN PENDINGIN SISTEM DIFUSI ABSORPSI AMONIA-AIR DENGAN VARIASI PANAS GENERATOR
PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN KERETA API YANG ERGONOMIS UNTUK MASINIS
STUDI PENGARUH JENIS MATERIAL, POSISI PENGELASAN, POSISI GROUNDING DAN PARAMETER PENGELASAN TERHADAP MORFOLOGI BUSUR LAS PADA PENGELASAN GTAW
ANALISA POTENSI ENERGI DAN KENYAMANAN PADA SISTEM SUSPENSI TRUK
ANALISA BALISTIK IMPACT DENGAN VARIASI KECEPATAN AWAL PROYEKTIL MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA
UNJUK KERJA KOMPOR MINYAK TANAH SUMBU TUNGGAL YANG DIOPERASIKAN TANPA SUMBU BERBAHAN BAKAR ETANOL
STUDI SIMULASI NUMERIK DAN EKSPERIMENTAL UNJUK KERJA KOLEKTOR SURYA V-GROOVE ABSORBER DENGAN PENAMBAHAN OBSTACLE BERBENTUK SEGITIGA YANG DISUSUN SECARA SEJAJAR
STUDI NUMERIK KARAKTERISTIK BOUNDARY LAYER DI DALAM SYMMETRIC FLAT-WALLED DIFFUSER 20°DENGAN PENGENDALI PASIF BERUPA SUCTION DAN BLOWING “Studi Kasus untuk bilangan Reynolds Rew1 = 5,6 x 104 dan Rew1= 8,7 x 104”
STUDI NUMERIK KARAKTERISTIK ALIRAN 3 DIMENSI DI SEKITAR BODI SMART CAR (Rasio ground clearance terhadap panjang model 0.0882)
ANALISA KEANDALAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF PADA WATER PUMP – STUDI KASUS DI PT. PAMA PERSADA SITE KIDECO BATU KAJANG, KALIMANTAN TIMUR
STUDI PENGARUH PENGGUNAAN ECU IQUTech-e TERHADAP MESIN PAIJO EXPERIMENT 40
KAJIAN PERFORMANCE WATER CHILLER PADA MALL CITY OF TOMORROW SURABAYA
STUDI KARAKTERISTIK SISTEM SUSPENSI BERPEGAS DAUN AKIBAT PENGARUH PERMUKAAN JALAN DAN KECEPATAN YANG BERVARIASI
STUDI KARAKTERISTIK GETARAN PADA SISTEM SUSPENSI BERPEGAS SPIRAL AKIBAT PENGARUH KONDISI JALAN YANG BERVARIASI
STUDI NUMERIK DUA DIMENSI PADA SUDU GERAK TURBIN UAP ORGANIC RANKINE CYCLE (ORC) UNTUK FLUIDA KERJA R-123 DENGAN VARIASI SUDUT NOZEL ( α = 16 ̊, α = 18 ̊ )
STUDI EKSPERIMENTAL PERBANDINGAN REFRIGERAN R-12 DAN REFRIGERAN HIDROKARBON MC-12 PADA INDUSTRIAL AND COMMERCIAL REFRIGERATION TRAINING UNIT DENGAN INSIDE DIAMETER PIPA KAPILER YANG BERBEDA
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI SUDUT KONIS TERHADAP POLA GERAK PENDULUM DAN VOLTASE BANGKITAN PADA SIMULATOR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA GELOMBANG LAUT SISTEM – BANDUL (PLTGL – SB) KONIS
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH JUMLAH LAPISAN STAINLESS STEEL MESH DAN POSISINYA TERHADAP KARAKTERISTIK TARIK DAN BENDING KOMPOSIT SERAT KACA HIBRIDA
STUDI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK ALIRAN MELINTASI EMPAT SILINDER SIRKULAR YANG TERSUSUN SECARA IN – LINED DENGAN JARAK ANTAR SILINDER L/D = 4 DI DEKAT DINDING DATAR “Studi Kasus Untuk Pengaruh Rasio Jarak Gap (G/D) = 0,533≤G/D≤0,733”
PEMODELAN DAN SIMULASI RESPON PENDULUM AKIBAT EKSITASI HARMONIK GELOMBANG LAUT PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA GELOMBANG LAUT SISTEM PENDULUM-PONTON DATAR
DESAIN DAN ANALISA NUMERIK POWER MANAGEMENT SYSTEM PADA AUV (AUTONOMUS UNDERWATER VEHICLE) DENGAN METODE PID
AUDIT ENERGI PADA BOILER STUDI KASUS AKIBAT PERUBAHAN BAHAN-BAKAR JENIS HIGH RANK COAL KE LOW RANK COAL PADA SALAH SATU PEMBANGKIT LISTRIK DI JAWA-TIMUR DENGAN KAPASITAS TERPASANG 2x400 MW
STUDI EKSPERIMENTAL PERBANDINGAN REFRIJERAN R-12 DENGAN HYDROCARBON MC-12 PADA SISTEM PENDINGIN DENGAN VARIASI PUTARAN KOMPRESOR
STUDI EKSPERIMENTAL PENGURANGAN INTENSITAS TURBULENSI PADA FREESTREAM DENGAN PENEMPATAN SCREEN PADA OPEN CIRCUIT SUBSONIC WIND TUNNEL DI LABORATORIUM MEKANIKA DAN MESIN-MESIN FLUIDA JURUSAN TEKNIK MESIN FTI- ITS “Studi Kasus Screen Berdiameter Kawat 0
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH FREKUENSI DAN AMPLITUDO GETARAN PADA MATERIAL MULTILAYER PIEZOELECTRIC TERHADAP ENERGI YANG DIBANGKITKAN
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH DISTURBANCE BODY TERHADAP KARAKTERISTIK ALIRAN MELINTASI DUA SILINDER SIRKULAR YANG TERSUSUN SECARA TANDEM PADA SALURAN SEMPIT BERPENAMPANG BUJUR SANGKAR “Studi kasus untuk rasio jarak L/D=2.0, S/D=1.5 dan 2.5 serta membandin
STUDI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK ALIRAN MELINTASI EMPAT SILINDER TERIRIS TIPE-I 65° YANG TERSUSUN SECARA IN-LINED DENGAN JARAK ANTAR SILINDER L/D = 4 DI DEKAT DINDING DATAR ”STUDI KASUS UNTUK PENGARUH JARAK GAP = 0 ≤ G/D ≤ 0,2”
STUDI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK ALIRAN MELINTASI EMPAT SILINDER TERIRIS TIPE-I 650 YANG TERSUSUN SECARA EQUISPACED DENGAN JARAK ANTAR SILINDER L/D = 4 DI DEKAT DINDING DATAR “STUDI KASUS UNTUK PENGARUH JARAK GAP (G/D) = 0,267 ≤ G/D ≤ 0,467
ANALISA UJI PERFORMANCE KENDARAAN PENGAIS GARAM
STUDI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK ALIRAN MELINTASI EMPAT SILINDER TERIRIS TIPE-I 53° TERSUSUN SECARA IN-LINED DENGAN JARAK ANTAR SILINDER L/D=4 DI DEKAT DINDING DATAR “STUDI KASUS UNTUK PENGARUH JARAK GAP = 0 ≤ G/D ≤ 0,2”
STUDI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK ALIRAN MELINTASI EMPAT SILINDER TERIRIS TIPE-I 53ᵒ YANG TERSUSUN SECARA IN-LINED DENGAN JARAK ANTAR SILINDER L/D=4 DI DEKAT DINDING DATAR “STUDI KASUS UNTUK PENGARUH JARAK GAP(1.067≤G/D≤1,267)”
ANALISA TEGANGAN LENGAN AYUN ASTREA SUPRA 100 CC TERHADAP VARIABEL KECEPATAN DAN SUDUT KEMIRINGAN SAAT BELOK
STUDI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK ALIRAN MELINTASI EMPAT SILINDER SIRKULAR YANG TERSUSUN SECARA EQUISPACED DENGAN JARAK ANTAR SILINDER L/D = 4 DI DEKAT DINDING DATAR “STUDI KASUS UNTUK PENGARUH RASIO JARAK GAP (G/D) = 1,067 ≤ G/D ≤ 1,267”
STUDI EKSPERIMENTAL ENERGI BANGKITAN VIBRATION ENERGY RECOVERY SYSTEM (VERS) GENERASI II DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERFORMA SUSPENSI MOBIL ISUZU PANTHER
PENGUJIAN PEFORMA GENERATOR HHO DENGAN AIR KEMASAN DAN PENGARUHNYA PADA ENGINE GENERATOR SET YASUKA JF154 1500DC
PERANCANGAN TEKNIS BAUT BATUAN BERDIAMETER 39 mm DENGAN KEKUATAN PENOPANGAN 130-150 kN
ANALISIS UNJUK KERJA VAPORIZER OKSIGEN CAIR (HE-38) DENGAN VARIASI DESAIN PERMUKAAN PADA UNIT SEPARASI UDARA STUDI KASUS PT. GRESIK GASES INDONESIA (BOC GASES)
ANALISIS UNJUK KERJA ALAT PENDINGIN OKSIGEN CAIR(HE-33) DENGAN VARIASI DESAIN PERMUKAAN STUDI KASUS PADA UNIT SEPARASI UDARA PT. GRESIK GASES INDONESIA(BOC GASES)
STUDI EKSPERIMEN DAN NUMERIK TENTANG PENGARUH PENAMBAHAN SATU BUAH GUIDE VANE TERHADAP PRESSURE DROP ALIRAN DI DALAM RECTANGULAR ELBOW 90 DERAJAT \"Studi Kasus Untuk BIlangan Reynolds,Redh=140000\"
ANALISIS UNJUK KERJA ALAT PEMANAS OKSIGEN CAIR (HE-37) DENGAN VARIASI DESAIN PERMUKAAN STUDI KASUS PADA UNIT SEPARASI UDARA DI PT GRESIK GASES INDONESIA (BOC GASES)
STUDI PENGARUH TINGKAT SUARA DAN JENIS SUARA (IMPULS DAN HARMONIK) TERHADAP VOLTASE BANGKITAN PADA MULTIPLE SOUNDWAVE ENERGY HARVESTER TIPE DIAPHRAGM, MAGNET DAN KUMPARAN
STUDI PENGARUH VARIASI TINGGI MANUSIA DAN KECEPATAN MENAIKI-MENURUNI TANGGA TERHADAP RESPON KECEPATAN ANAK TANGGA MODEL MASSA-PEGAS-PEREDAM
ANALISA SAMBUNGAN LAS PADA PENGELASAN TITIK UNTUK MENENTUKAN JARAK OPTIMAL TITIK LAS PADA BAJA KARBON AISI 1045 DENGAN PENDEKATAN ELEMEN HINGGA (ANSYS 10)
PERANCANGAN MEKANISME DAN PENGATUR DUDUKAN KURSI RODA PADA KEMIRINGAN LINTASAN 30 DERAJAT
STUDI KARAKTERISTIK PROSES PEMESINAN DRILLING EDM MENGGUNAKAN PROTOTYPE EDM RELAKSASI DAN EDM KOMERSIAL JIANN SHENG DENGAN VARIASI DIAMETER ELEKTRODA
STUDY EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI PUTARAN KOMPRESOR TERHADAP UNJUK KERJA SISTEM REFRIJERASI PADA RETROFITTED AIR CONDITIONER DENGAN FLUIDA KERJA R-134a
STUDI EKSPERIMEN DAN NUMERIK TENTANG KARAKTERISTIK ALIRAN FLUIDA MELINTASI PRISMA TERPANCUNG DENGAN RASIO PANJANG CHORD TERHADAP RUSUK ALAS PRISMA YANG KONSTAN (L/a)=4 “Studi Kasus Pengaruh Perbandingan Rusuk b/a=0/12,1/12,2/13/12, 4/12, 5/12, dan 12/1
PENGEMBANGAN DECISION SUPPORT SYSTEM UNTUK KEPUTUSAN GARANSI PADA PRODUK TIDAK HABIS PAKAI
RANCANG BANGUN HOT WIRE ANEMOMETER SINGLE NORMAL PROBE UNTUK MENGUKUR BILANGAN STROUHAL PADA KARAKTERISTIK ALIRAN DI BELAKANG SILINDER SIRKULAR YANG DIGANGGU SILINDER TERIRIS TIPE-I
STUDI EKSPERIMEN DAN SIMULASI SOFTWARE Z-CAST PENGARUH BENTUK DAN SUDUT KETIRUSAN RISER TERHADAP CACAT PENYUSUTAN (SHRINKAGE) PADA ALUMINIUM SAND CASTING
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH JARAK LONGITUDINAL SILINDER TERIRIS TIPE-D SEBAGAI PENGONTROL PASIF TERHADAP GAYA DRAG SILINDER UTAMA SIRKULAR
PENGARUH CAIRAN PENDINGIN BERTEKANAN TINGGI TERHADAP GAYA POTONG, KEAUSAN TEPI PAHAT, DAN KEKASARAN PERMUKAAN PADA PROSES BUBUT MATERIAL BAJA AISI 4340
STUDI NUMERIK TENTANG KARAKTERISTIK ALIRAN FLUIDA MELINTASI SILINDER TERIRIS TIPE D 53 UNTUK LAPIS BATAS SIDE WALL LAMINAR `STUDI KASUS UNTUK PENGARUH JARAK SILINDER TERHADAP DINDING 0;0,067;0,133;0,2;0,267;0,333;0,4;0,467;0,533;0,6
STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH JARAK ANTARA SILINDER TIPE I 53 DAN SILINDER SIRKULER TERHADAP KARAKTERISTIK ALIRAN PADA SILINDER TERSUSUN SECARA TANDEM `Studi Kasus untuk Jarak Longitudinal 1.733
STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH JARAK ANTARA SILINDER TERIRIS TIPE I 65o DAN SIRKULER YANG TERSUSUN SECARA TANDEM PADA SILINDER SIRKULER DI SISI DOWNSTREAM “Studi Kasus untuk Jarak Longitudinal 1,0 ≤P/D≤1,667”
KOMPARASI UNJUK KERJA INDUSTRIAL AND COMMERCIAL REFRIGERATION TRAINING UNIT MENGGUNAKAN REFRIGERAN R-12 DAN R-134A
STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH PENGIRISAN KONTUR LEADING EDGE LOWERSIDE PADA AIRFOIL TIDAK SIMETRIS DENGAN CAMBER ANGLE = 49° (Angle Of Attack = 0°, 2°, 4°, 6°, 8°, 10° dan 12°)
DESAIN MEKANISME SISTEM DUAL-FUEL DAN UJI UNJUK KERJA MOTOR DIESEL STASIONER MENGGUNAKAN GAS HASIL GASIFIKASI DAN MINYAK SOLAR
PENGARUH ARUS PADA PENGELASAN SMAW MULTILAYER ANTARA AUSTENITE STAINLESS STEEL S30815 DENGAN BAJA KARBON A36 TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN SIFAT MEKANIK
RANCANG BANGUN MEKANISME DAN PENGENDALI ROBOT CARTESIAN
RANCANG BANGUN PEMILAH CORK SHUTTLECOCK
KAJIAN TENTANG KEMAMPUAN EXCAVATOR CATERPILLAR 320D DAN ESTIMASI WAKTU KERJA UNTUK MENGGALI TANAH JENIS GRAVEL SERTA KAJIAN TENTANG SIRKIT HIDROLIKNYA
PENGARUH VARIASI PERBANDINGAN UDARA-BAHAN BAKAR TERHADAP KUALITAS API PADA GASIFIKASI REAKTOR DOWNDRAFT DENGAN SUPLAI BIOMASSA SEKAM PADI SECARA KONTINYU
ANALISIS UNJUK KERJA ALAT PENUKAR KALOR UTAMA (HE-21) DENGAN VARIASI DESAIN PERMUKAAN STUDI KASUS PADA UNIT SEPARASI UDARA PT. GRESIK GASES INDONESIA (BOC GASES)
PREDIKSI SISA UMUR PADA ROTATING MACHINERY DENGAN METODE ANFIS (ADAPTIVE NEURO-FUZZY INFERENCE SYSTEMS)
PERANCANGAN POMPA SENTRIFUGAL UNTUK MENGHASILKAN AIR TERJUN BUATAN
PERANCANGAN POMPA PENGENDALI BANJIR MENGGUNAKAN POMPA ALIRAN AKSIAL UNTUK DAERAH PERUMAHAN ( STUDI KASUS DI PERUMAHAN PRAPEN SURABAYA )
PENGARUH PENAMBAHAN BIODIESEL MINYAK BIJI ALPUKAT (PERSEA GRATISSIMA) (10–30)% PADA SOLAR TERHADAP UNJUK KERJA DIESEL GENERATOR SET
STUDI EKSPERIMENTAL FENOMENA KAPILARITAS PADA BETON BERTULANG SEHUBUNGAN DENGAN SERANGAN KOROSI BAJA TULANGAN.
ANALISA KEKUATAN MATERIAL PADA PROSTHESIS TOTAL KNEE JOINT REPLACEMENT
ANALISA UNJUK KERJA KOMPRESOR SENTRIFUGAL UNTUK AMONIAK (STUDI KASUS DI PT.PETROKIMIA GRESIK)
STUDI EKSPERIMENTAL PENGGUNAAN BAHAN BAKAR BIO-ETANOL PADA KOMPOR TANPA TEKAN MODEL API LPG
ANALISA PENGARUH STA TERHADAP ENERGI KAYUH, NILAI RESIKO CEDERA, DAN BIOMEKANIK PENGENDARA PADA 3 JENIS SEPEDA
LIFE CYCLE COST ANALYSIS - INTEGRASI DENGAN CMMS (COMPUTERIZED MAINTENANCE MANAGEMENT SYSTEM) STUDI KASUS PT. BADAK NATURAL GAS LIQUEFACTION
STUDI EKSPERIMEN DAN NUMERIK PENGARUH PENAMBAHAN DUA GUIDE VANES TERHADAP PRESSURE DROP ALIRAN DI DALAM HORIZONTAL RECTANGULAR ELBOW 90º “STUDI KASUS UNTUK ANGKA REYNOLDS ≈ 1,4 X 10^5“
ANALISA KEKUATAN MATERIAL PADA PROSTHESIS TOTAL SHOULDER JOINT REPLACEMENT
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI TRAVERSE SPEED TERHADAP KEDALAMAN SLOT, LEBAR SLOT DAN MATERIAL REMOVAL RATE PADA BATU BATA MERAH DENGAN PROSES WATER JET MACHINING
ANALISA DINAMIKA GERAK MENURUNI TANGGA DENGAN METODE IMAGE CAPTURE UNTUK MEMETAKAN ENERGI YANG TERSIMPAN
STUDI EKSPERIMEN DAN NUMERIK PENGARUH PENAMBAHAN TIGA BUAH GUIDE VANES TERHADAP PRESSURE DROP ALIRAN DI DALAM HORIZONTAL RECTANGULAR ELBOW 90º “Studi Kasus Untuk Bilangan Reynolds, ReDh = 120000”
SIMULATOR SISTEM KENDALI PEMERAH SUSU SAPI OTOMATIS DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR ALIRAN
STUDI EKSPERIMEN UMUR LELAH BAJA POROS AISI 1045 HASIL QUENCHING-TEMPERING VARIASI TEMPERATUR DAN WAKTU TEMPER PADA UJI ROTATING BENDING
SIMULASI ORGANIC RANKINE CYCLE (ORC) SIKLUS STANDART DENGAN MELAKUKAN VARIASI TEKANAN DAN TEMPERATUR EVAPORATOR PADA FLUIDA KERJA R134A MENGGUNAKAN BORLAND DELPHI 7
STUDI EKSPERIMENTAL PERFORMANCE TURBIN VENTILATOR dengan VARIASI REYNOLDS NUMBER dan SUDUT BUKAAN HOOD
STUDI BANDING KUALITAS DAN KUANTITAS MESIN HOT PRESS BERBASIS KONTROL RELAY DAN KONTROL PLC UNTUK PRODUK TOPI SUVENIR
KAJIAN EKSPERIMENTAL POLA VORTEX PADA INSTALASI INTAKE POMPA AIR PENDINGIN
PERENCANAAN DAN ESTIMASI BIAYA PRODUKSI CETAKAN LID
STUDI PENGARUH TINGKAT SUARA DAN JENIS SUARA (IMPULS DAN HARMONIK) TERHADAP VOLTASE BANGKITAN PADA SINGLE DAN DOUBLE SOUND WAVE ENERGY HARVESTER TIPE DIAFRAGMA, MAGNET DAN KUMPARAN
PERENCANAAN KONSTRUKSI WHARF GANGWAY DENGAN KAPASITAS MAKSIMUM 450KG
STUDI PENGARUH DIAMETER KAWAT DAN SUSUNAN KUMPARAN TERHADAP VOLTASE BANGKITAN PADA MEKANISME PEMANEN ENERGI GETARAN
STUDI PENGARUH JUMLAH LILITAN DAN PANJANG KUMPARAN TERHADAP VOLTASE BANGKITAN PADA MEKANISME PEMANEN ENERGI GETARAN
PERENCANAAN DAN PEMBUATAN SOFTWARE SERTA UNIT CONTROL UNTUK MESIN HOTPRESS BERBASIS PLC
ANALISA KONSTRUKSI DAN KONTROL PADA PERANCANGAN MESIN HOT PRESS BERBASIS PLC DENGAN SISTEM PNEUMATIK
PENGARUH DURASI NOKEN AS TERHADAP UNJUK KERJA HONDA KARISMA DENGAN MENGGUNAKAN 2 BUSI
STUDI PENGARUH VARIASI KECEPATAN DAN MASSA KENDARAAN TERHADAP RESPON SPEED BUMP MODEL MASSA-PEGAS-PEREDAM PADA SISTEM PEMANEN ENERGI
KOROSI BAJA TULANGAN DALAM BETON DI LINGKUNGAN KLORIDA DENGAN PERMUKAAN KATODA SESUAI KONTUR BETON MELALUI METODE NATURAL DAN DIPERCEPAT
PENGARUH PROSES LAKU PANAS QUENCHING AND PARTITIONING TERHADAP UMUR LELAH BAJA PEGAS DAUN JIS SUP 9A DENGAN METODE REVERSED BENDING
PENGARUH TEMPERATUR ONE STEP PARTITIONING DAN HOLDING TIME PADA PERLAKUAN PANAS QUENCHING DAN PARTITIONING PADA MATERIAL BAJA PEGAS JIS SUP 9A TERHADAP SIFAT MEKANIK
ANALISA DINAMIKA GERAK MENAIKI TANGGA DENGAN IMAGE CAPTURE UNTUK MEMETAKAN ENERGI YANG TERSIMPAN
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH KETAHANAN LAPISAN OKSIDA STAINLESS STEEL AISI 316 TERHADAP TEMPERATUR TINGGI DAN SIKLUS PEMANASAN
PENGARUH VARIASI ARUS SMAW TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN SIFAT MEKANIK PADA PENGELASAN MULTILAYER BAJA TAHAN KARAT AUSTENITIK 308
PERANCANGAN KURSI RODA UNTUK JALAN DATAR DAN MENANJAK DENGAN SUDUT KEMIRINGAN TANJAKAN 30 DERAJAT
RANCANG BANGUN ALAT PEMURNIAN CRUDE PLANT OIL DENGAN METODE SENTRIGUGAL
PENGARUH ARUS, KANDUNGAN SULFUR, DAN GAS PELINDUNG TERHADAP MORFOLOGI LASAN PADA PENGELASAN GTAW DENGAN BUSUR DIAM.
RANCANG BANGUN TRIBOMETER TIPE PIN ON DISK DAN STUDI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK TRIBOLOGI POLIMER - POLIMER
IDENTIFIKASI KERUSAKAN ROLLING BEARING PADA HAMMER CLINKER COOLER BERBASIS ANALISA PEAKVUE™ DAN KURTOSIS
PERFORMANSI TRACKING H∞ MENGGUNAKAN MODEL FUZZY TAKAGI-SUGENO PADA SISTEM PENDULUM TERBALIK
STUDI EKPERIMENTAL PERBANDINGAN UNJUK KERJA KOMPOR MINYAK TANPA SUMBU BERBAHAN BAKAR BIOETHANOL DENGAN KOMPOR MINYAK TANAH BERSUMBU
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH JARAK ANTARA SILINDER TERIRIS TIPE-I SEBAGAI PENGONTROL PASIF DAN SILINDER UTAMA SIRKULER TERHADAP GAYA DRAG SILINDER UTAMA SIRKULER, STUDI KASUS UNTUK JARAK (S/D= 0,55;0,6;0,7;0,75;0,8;0,9;1,0;1,1;1,2;1,25).
SIMULASI DESAIN SISTEM KONTROL MPC PADA FLEXIBLE CANTILEVER BEAM
STUDI EKSPERIMEN DAN NUMERIK KARAKTERISTIK ALIRAN FLUIDA MELINTASI PRISMA TERPANCUNG DENGAN PERBANDINGAN PANJANG CHORD TERHADAP RUSUK ALAS PRISMA YANG KONSTAN (L/a) = 4 \"Studi Kasus Pengaruh Perbandingan Rusuk (b/a) = 12/12, 11/12, 10/12, 9/12, 8/12,
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH KELENGKUNGAN SEGMEN KONTUR BAGIAN DEPAN TERHADAP KARAKTERISTIK ALIRAN FLUIDA MELINTASI AIRFOIL TIDAK SIMETRIS (DENGAN ANGLE OF ATTACK = 0°, 10°,12°, 16°, 18°)
EFISIENSI ENERGI PADA SISTEM REFRIGERASI STUDI KASUS BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH JARAK ANTARA SILINDER TERIRIS TIPE-I SEBAGAI PENGONTROL PASIF DAN SILINDER UTAMA SIRKULER TERHADAP GAYA DRAG SILINDER UTAMA SIRKULER "STUDI KASUS UNTUK JARAK S/D = 2,1; 2,2; 2,3; 2,4; 2,5; 2,6; 2,7; 2,8; 2,9 DAN 3,0"
PERANCANGAN SUDU KOMPRESOR AKSIAL PADA TURBIN GAS TIPE T-4702 (CENTAUR). STUDI KASUS DI ECHO FLOW STATION BP INDONESIA
PEMODELAN VIBRASI PADA FLEKSIBEL VANTILEVER BEAM
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH SUDUT STAGGER SILINDER TERIRIS TIPE-I SEBAGAI PENGONTROL PASIF TERHADAP GAYA DRAG & LIFT SILINDER UTAMA SIRKULER "STUDI KASUS UNTUK SUDUT STAGGER 12, 14, 16, 18, 20, 22 DENGAN PERMUKAAN IRISAN TEGAK LURUS FREE STREAM"
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH JARAK ANTARA SILINDER TERIRIS TIPE-I SEBAGAI PENGONTROL PASIF DAN SILINDER UTAMA SIRKULER TERHADAP GAYA DRAG SILINDER UTAMA SIRKULER. “Studi Kasus Untuk Jarak S/D = 1,3; 1,35; 1,375; 1,4; 1,5; 1,6; 1,7; 1,8; 1,9; 2,0”
PERANCANGAN POMPA JET UNTUK MENGURANGI SEDIMENTASI PADA MUARA “STUDI KASUS DI MUARA SUNGAI PORONG”
STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG KARAKTERISTIK ALIRAN FLUIDA MELINTASI SILINDER TERIRIS TIPE D53 DI DEKAT DINDING DATAR UNTUK PENGARUH VARIASI KETEBALAN LAPIS BATAS DINDING DATAR ("STUDI KASUS RASIO JARAK GAP DAN DIAMTER SILINDER 1,333 ≤ G/D ≤ 1,6
OPTIMASI KEKASARAN PERMUKAAN, TEBAL LAPISAN RECAST, LEBAR PEMOTONGAN, DAN WAKTU PENGERJAAN DALAM CAIRAN DIELEKTRIK YANG MENGANDUNG SERBUK ALUMUNIUM PADA WIRE-EDM MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI
STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG KARAKTERISTIK ALIRAN FLUIDA MELINTASI SILINDER TERIRIS TIPE-D 53 DI DEKAT DINDING UNTUK PENGARUH KETEBALAN LAPIS BATAS DINDING “STUDI KASUS UNTUK PENGARUH JARAK SILINDER TERHADAP DINDING (G/D)0,667;0,733;0,800;0,867;0,933
STUDI KINEMATIKA POLA GERAK BERJALAN DAN BERLARI MANUSIA DENGAN METODE IMAGE CAPTURE – SAGITTAL VIEW UNTUK MEMETAKAN POLA DAN POTENSI ENERGINYA
STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH JARAK ANTARA SILINDER TERIRIS TIPE-I 53 DAN SILINDER SIRKULER TERHADAP KARAKTERISTIK ALIRAN PADA SILINDER SIRKULER TERSUSUN TANDEM. STUDI KASUS UNTUK JARAK LONGITUDINAL 1,0 ≤ P/D ≤ 1,667
STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH JARAK ANTARA SILINDER TERIRIS TIPE-I 65o DAN SILINDER SIRKULER TERHADAP KARAKTERISTIK ALIRAN PADA SILINDER SIRKULER TERSUSUN SECARA TANDEM 'STUDI KASUS UNTUK JARAK LONGITUDINAL 2,4≤P/D≤3,0'
STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG KARAKTERISTIK ALIRAN FLUIDA MELINTASI SILINDER TERIRIS TIPE-D 53 DI DEKAT SIDE WALL UNTUK PERUBAHAN TEBAL LAPIS BATAS SIDE WALL “Studi Kasus Untuk Rasio Gap dan Diameter Silinder (G/D) 0.333; 0.400; 0.467; 0.533; 0.600”
STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH JARAK SILINDER TERIRIS TIPE-I 65 DAN SILINDER SIRKULER TERHADAP KARAKTERISTIK ALIRAN PADA SILINDER SIRKULER TERSUSUN TANDEM. "STUDI KASUS UNTUK JARAK LONGITUDINAL P/D= 1,733
RANCANG BANGUN MEKANISME PEMANEN ENERGI BIOMEKANIK GERAK ANGULAR TEKUKAN LUTUT PADA AKTIFITAS BERJALAN/BERLARI MANUSIA
STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG KARAKTERISTIK ALIRAN FLUIDA MELINTASI 2 SILINDER BERPENAMPANG ELLIPS "Studi Kasus Untuk Pengaruh Tinggi Ellips Upstream,Kekasaran Pada Leading Edge Ellips Upstream Dan Jarak Geser Kedua Ellips Yang Tersusun Secara Longitudinal
ANALISA PENGARUH PANJANG CHUTE LOADING, KARAKTERISTIK MATERIAL,LEBAR BELT DAN SUDUT INCLINASI BELT CONVEYOR TERHADAP DIMENSI SKIRTBOARD
STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG KARAKTERISTIK ALIRAN FLUIDA MELINTASI SILINDER UTAMA YANG DIGANGGU OLEH SILINDER TERIRIS TYPE I : "Studi Kasus Untuk Posisi Irisan Menyinggung Lintasan Putar Silinder Pengganggu Dengan Variasi Sudut Irisan"
STUDI EKSPERIMEN TENTANG VARIASI BUSI DAN NILAI OKTANA TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 1 SILINDER
STUDI PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PANAS BUMI (PLTP) ATADEI 40 MW DI LEMBATA NUSA TENGGARA TIMUR DAN PENGARUHNYA TERHADAP TARIF LISTRIK REGIONAL
ANALISA KARAKTERISTIK DAN UNJUK KERJA MOTOR DIESEL PUTARAN KONSTAN TERHADAP VARIASI PEMANASAN BAHAN BAKAR CAMPURAN KEROSINE DAN MINYAK PELUMAS
UPAYA PERBAIKAN TORSI PADA PUTARAN RENDAH DENGAN PENGATURAN KATUB LALUAN GAS BUANG PADA MOTOR EMPAT LANGKAH SATU SILINDER
STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH PERUBAHAN TIMING INJEKSI TERHADAP UNJUK KERJA MESIN DIESEL EMPAT LANGKAH BERBAHAN BAKAR GANDA
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI SUDUT SWIRLER FIN TERHADAP PEMBAKARAN PADA GAS FLAME BURNER BERBAHAN BAKAR LPG
STUDI EKSPERIMEN PENGARUH PENAMBAHAN MEDAN MAGNET TERHADAP KUALITAS PEMBAKARAN CAMPURAN BAHAN BAKAR PREMIUM-ETHANOL 30 0/0 VOLUME (E30)
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH ARAH DOUBLE AXIAL SWIRLER PADA GAS FLAME BURNER PADA PEMBENTUKAN SOOT
VISUALISASI BENTUK ALIRAN DI DALAM SILINDER SEBAGAI AKIBAT PERUBAHAN BUKAAN KATUP INLET BERDASARKAN VARIASI SUDUT CRANK
STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH VARIASI KOMPRESI RASIO PADA KENDARAAN BERMOTOR 4 LANGKAH MAHATOR 107 cc DENGAN BAHAN BAKAR PREMIUM - METHANOL 30°/. (M 30) DITINJAU DARI ASPEK UNJUK KERJA DAN EMISI GAS BUANG
PERANCANGAN HORIZONTAL CONTOUR LOAD-PROPELLING CONVEYOR DENGAN GERAK KONTINYU UNTUK ALAT BANTU PROSES PENGECORAN DENGAN BERBANTUAN PERANGKAT LUNAK
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH UKURAN KAYU PADA PEMBAKARAN BAHAN BAKAR PADAT DENGAN UDARA TERBATAS DI DALAM RUANG BAKAR INCINERATOR
PENGARUH SUDUT INCLINASI TERHADAP KAPASITAS ANGKUT MATERIAL PADA INCLINE SCREW CONVEYOR
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH JARAK SIRIP DAN ANGKA REYNOLD TERHADAP UNJUK KERJA SUSUNAN TUBE STAGGERED BERSIRIP KONTINYU
PENGARUH PERUBAHAN PROFIL PEARLIT TERHADAP SIFAT MEKANIS PIPA BAJA KARBON RENDAH Dengan spesimen SA 106 grade B
APLIKASI METODE ANALITIS ALJABAR VEKTOR UNTUK ANALISA KINEMATIKA PADA MEKANISME DOZER SHOVEL
ANALISA STRAIN RATE DENGAN MENGGUNAKAN BAR HOPKINSON PADA MATERIAL AI-2024
DESAIN FILTER AKTIF SHUNT MENGGUNAKAN KONTROLER HYSTERISIS UNTUK MENGKOMPENSASI HARMONISA DENGAN SUMBER TEGANGAN YANG TIDAK IDEAL.
ANALISA KINERJA SINKRONISASI UNI-DIREKSIONAL LEARNING MANGEMENT SYSTEM PADA JARINGAN RADIO PAKET
PERENCANAAN ULANG SISTEM PENGKONDISIAN UDARA PADA GEDUNG ADMINISTRASI DAN OPERASIONAL PT. ANGKASA PURA I BANDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SOFTWARE UNTUK ANALISA GETARAN DALAM DOMAIN FREKUENSI DENGAN SISTEM DUAL CHANNEL ANALYSIS
STUDI EKSPERIMEN PENGARUH VARIASI KECEPATAN DAN TEMPERATUR AIR HEATER TERHADAP KARAKTERISTIK PENGERINGAN BATUBARA PADA COAL DRYER DENGAN TUBE HEATER TERSUSUN ALIGNED
APLIKASI ECU iquteche PADA MOTOR ROADRACE 130cc
PENGARUH PENAMBAHAN ADITIF NABATI SOLAR TERHADAP UNJUK KERJA DAN KETAHANAN MESIN DIESEL GENERATOR SET TF55R
KARAKTERISASI UNJUK KERJA MESIN DIAMOND TYPE DI 800 SISTEM INJEKSI BERTINGKAT BERBAHAN BAKAR BIODIESEL KEMIRI SUNAN DENGAN PERUBAHAN CAMSHAFT FUEL PUMP
PENGARUH VARIASI FRAKSI VOLUME, TEMPERATUR DAN WAKTU POST-CURING TERHADAP KARAKTERISTIK BENDING KOMPOSIT POLYESTER – PARTIKEL HOLLOW GLASS MICROSPHERES
ANALISA DAMPAK OVERHEATING TERHADAP TUBE KATALIS HP-40 MODIFIKASI DI PRIMARY REFORMER PABRIK AMMONIA
PERENCANAAN LAYOUT DAN ANALISIS STABILITAS PADA KENDARAAN HYBRID RODA TIGA HYVI SAPUJAGAD
PENGARUH PERUBAHAN ARUS DAN KECEPATAN SERTA KELEMPABAN FLUX TERHADAP HASIL IMPACT DAN KEKERASAN SERTA MACROSTRUCTURE FILLET WELD HASIL PENGELASAN SUBMERGED ARC WELDING (SAW)
RANCANG BANGUN MULTIPURPOSE DRIVETRAIN UNTUK MENINGKATKAN UTILITAS ATAU PENDAYAGUNAAN KENDARAAN MULTIGUNA PEDESAAN
ANALISA PENGARUH TEBAL DAN GEOMETRI SPOKE BERBENTUK BELAH KETUPAT PADA BAN TANPA UDARA TERHADAP KEKAKUAN RADIAL DAN LATERAL
PENGARUH PENAMBAHAN PROSENTASE FRAKSI VOLUME HOLLOW GLASS MICROSPHERE KOMPOSIT HIBRID SANDWICH TERHADAP KARAKTERISTIK TARIK DAN BENDING
OPTIMASI GAYA POTONG, KEKASARAN PEMUKAAN DAN KEAUSAN TEPI PAHAT PADA PROSES BUBUT BAJA S45C DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE TAGUCHI DAN GREY RELATIONAL ANALYSIS
PENGARUH VARIASI PERBANDINGAN UDARA-BAHAN BAKAR TERHADAP KUALITAS APIPADA GASIFIKASI REAKTOR DOWNDRAFT DENGAN SUPLAI BIOMASSA SERABUT KELAPA SECARA KONTINYU
KAJIAN VARIASI KUAT MEDAN MAGNET PADA ALKIRAN BAHAN BAKAR TERHADAP UNJUK KERJA DAN EMISI MESIN SINJAI 2 SILINDER 650 CC
PROBLEM SOLVING WOBBLER BAR PADA PROSES PENYALURAN BATU KAPUR PADA PABRIK SEMEN
STUDI EXPERIMENTAL PEMANAS AIR TENAGA SURYA PELAT ABSORBER TYPE SINUSOIDAL DENGAN VARIASI TERHADAP DERAJAT KEVAKUMAN DAN ASPECT RATIO
ANALISA SISTEM PENGEREMAN PADA KENDARAAN HYBRID RODA TIGA "SAPUJAGAD"
PERANCANGAN FLYWHEEL UNTUK SISTEM HYBRID PADA ATC BUS TRANS JAKARTA BERDASARKAN MODEL DINAMIKA LONGITUDINAL KENDARAAN YANG MENYERTAKAN INTERAKSI PENGEMUDI KENDARAAN DRIVING CYCLE PULAU GADUNG – MONAS CB
STUDI EKSPERIMEN DAN NUMERIK ALIRAN DIDALAM RECTANGULAR ELBOW 90o YANG DILENGKAPI DENGAN ROUNDED LEADING EDGE GUIDE VANE “Studi Kasus Untuk Bilangan Reynolds, ReDh = 2,1x104”
OPTIMASI MULTIRESPON PADA PROSES GURDI UNTUK MATERIAL S50C DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI-GREY RELATIONAL ANALYSIS DAN TAMBAHAN CAIRAN PENDINGIN
SIMULASI NUMERIK PENGARUH MULTI-ELEMENT AIRFOIL TERHADAP LIFT DAN DRAG FORCE PADA SPOILER BELAKANG MOBIL FORMULA SAE DENGAN VARIASI ANGLE OF ATTACK
ANALISA TERMODINAMIKA PENGARUH ALIRAN MASSA EKSTRAKSI TURBIN UAP UNTUK FEEDWATER HEATERS TERHADAP PERFORMA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP 100 MW
PEMODELAN DAN SIMULASI SISTEM PENGEREMAN HIDROLIK JENIS LOCK BRAKE SYSTEM (LBS) PADA KENDARAAN GEA PICK UP DENGAN VARIASI KOMPONEN PENGEREMAN YANG DITENTUKAN DARI KENDARAANNIAGA JENIS LAINNYA
METODE PERBAIKAN PADA SILENCING SKIN DARI EXHAUST CONE PESAWAT AIRBUS 320 DENGAN PENAMBAHAN DOUBLER BERBENTUK SOLID DAN PERFORATED MENGGUNAKAN TEKNIK PENGELASAN GTAW
STUDI EKSPERIMEN PENGARUH PENCAMPURAN GAS HIDROGEN DARI GENERATOR HHO TIPE KERING DENGAN BAHAN BAKAR KEROSENE PADA DISTRIBUSI TEMPERATUR NYALA API KOMPOR TEKAN BLOWTORCH
PENGARUH VARIASI DUTY CYCLE PADA PULSE WIDTH MODULATION TERHADAP PERFORMA GENERATOR GAS HHO TIPE BASAH (WET CELL) 9 PLAT SS 316L 10x10 mm.
PENGEMBANGAN MODEL "REGENERATIVE BRAKE" PADA SEPEDA LISTRIK UNTUK MENAMBAH JARAK TEMPUH DENGAN VARIASI KECEPATAN
RANCANG BANGUN POWER PLAN PADA KENDARAAN HYBRID RODA TIGA “SAPUJAGAD”
RANCANG BANGUN SEPEDA MULTI GENDER
PERANCANGAN SISTEM BONGKAR MUAT BOX PADA KENDARAAN MULTIGUNA
PERANCANGAN DASHBOARD MOBIL PEDESAAN MULTIGUNA
ANALISA KINEMATIK SPATIAL UNTUK RACK AND PINION PADA KENDARAAN MULTIGUNA PEDESAAN (GEA)
ANALISA DESAIN STRUKTUR DAN KENYAMANAN SUSPENSI PASSIVE PADA PERSONAL SMART VEHICLE 2 RODA
PEMODELAN DAN ANALISA GETARAN MESIN BENSIN DUA SILINDER 650 cc SEGARIS DENGAN SUDUT ENGKOL 180º UNTUK RUBBER MOUNT
RE-DESIGN POMPA SENTRIFUGAL DOUBLE ADMISSION DENGAN FLUIDA KERJA SEMI LEAN BENFIELD SOLUTION (K2CO3) PADA KAPASITAS 700 m3/h DAN HEAD 275,8 m (STUDI KASUS PT. PETROKIMIA GRESIK)
ANALISA KERUSAKAN CENTRIFUGAL PUMP P951E DI PT. PETROKIMIA GRESIK
RANCANG BANGUN RANSEL PENGHASIL LISTRIK DENGAN MEMANFAATKAN GERAK BERJALAN MANUSIA
KARAKTERISASI UNJUK KERJA MESIN DIESEL GENERATOR SET SISTEM DUAL-FUEL SOLAR DAN BIOGAS DENGAN PENAMBAHAN FAN UDARA SEBAGAI PENYUPLAI UDARA
PERANCANGAN DAN STUDI NUMERIK VARIASI POSISI INLET UDARA MASUK TERHADAP PERPINDAHAN PANAS DAN MASSA PADA INDUCED DRAFT COOLING TOWER UNTUK SISTEM ORGANIC RANKINE CYCLE
STUDI NUMERIK PENGARUH CONVERGENCY PROMOTERS (CPs) TERHADAP KARAKTERISTIK ALIRAN DAN PERPINDAHAN PANAS DENGAN ℓ/D = 0.25 PADA TUBE BANKS YANG TERSUSUN SECARA STAGGERED
DESAIN COMPACT HEAT EXCHANGER TIPE FIN AND TUBE SEBAGAI ALAT PENDINGIN MOTOR PADA BOILER FEED PUMP, STUDI KASUS PLTU PAITON, PJB
VIBRATION ENERGY HARVESTING PADA MESIN CUCI DENGAN MEKANISME PIEZOELECTRIC
PEMILIHAN KOMPRESOR UNTUK SUATU ALIRAN UDARA BERTEKANAN
PENGARUH SISTIM PENGAPIAN TERHADAP ENGINE PERFORMANCE MOTOR BENSIN 4 LANGKAH
PERENCANAAN TURBIN UAP UNTUK MENGGERAKKAN GILINGAN TEBU (STUDI KASUS DI PG. MADUKISMO-YOGYAKARTA)
TUNGKU DAN PEMANAS UDARA UNTUK PENGERING GABAH KAPASITAS 1 TON BERBAHAN BAKAR SEKAM
RANCANG BANGUN DAN ANALISIS PENGUJIAN PERANGKAT UJI KONDUKTIVITAS BAHA LOGAM (AISI 304)
ANALISA TEGANGAN ALIR PEMBUATAN PLAT FRONT DENGAN PROSES FLANGING
STUDI NUMERIK PENGARUH VARIASI TEMPERATUR AIR HEATER TERHADAP KARAKTERISTIK PENGERINGAN BATUBARA PADA FLUIDIZED BED COAL DRYER DENGAN TUBE HEATER TERSUSUN ALIGNED
PERENCANAAN COLD STORAGE BERKAPASITAS 12 TON UDANG BEKU / HARI
ANALISA PERPIDAHAN PANAS PADA PERSOALAN AXISMETRIC DENGAN PENDEKATAN NUMERIK
PERENCANAAN MENARA PENDINGIN UNTUK MELAYANI SISTEM PENDINGINAN MESIN DI PN. IGLAS SURABAYA
MODEL PEMBAKARAN BAHAN BAKAR SAMPAH PADA INCINERATOR
ANALISA PENYIMPANGAN POSISI END-EFFECTOR AKIBAT ELASTIC-ARM
MINIMASI WASTE (PEMBOROSAN) MENGGUNAKAN VALUE STREAM ANALYSIS TOOL UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI WAKTU PRODUKSI (STUDI KASUS PT. BARATA INDONESIA, GRESIK)
RANCANG BANGUN DAN KAJIAN SUSPENSI UNMANNED GROUND VEHICLE (UGV)
RANCANG BANGUN UNIT KONTROL KURSI RODA YANG MAMPU BERGERAK MENANJAK
PENGGUNAAN MILITARY STANDARD 414, MILITARY STANDARD 105 D SERTA PETA KONTROL UNTUK PENGENDALIAN KUALITAS KERAMIK TILE PADA PT. METROPOLE MEGAH, TULUNGAGUNG
PERILAKU PROSES PENGUAPAN BUTIR TUNGGAL BAHAN BAKAR DIDALAM RUANG BAKAR MOTOR DIESEL (Sebuah Pendekatan Teoritis)
PERENCANAAN ECONOMIZER KAPASITAS 453 TON / JAM
ANALISA KINEMATIK DAN DINAMIK ROBOT CARTESIAN
MEKANISME MANIPULATOR ROBOT DENGAN AKTUATOR PNEUMATIK
OPTIMASI PROSES PRODUKSI DENGAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN DAN PENGENDALIAN KUALITAS KOMPONEN
STUDI KELAYAKAN PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN OIL SURFACE PRODUCTION FACILITY DI LAPANGAN PRODUKSI MINYAK SUNGAI GELAM-JAMBI (STUDI KASUS ENERGI MEGA PERSADA, Tbk.)
STUDI EKSPERIMENTAL SISTEM REFRIGERASI CASCADE MENGGUNAKAN REFRIGERAN MUSICOOL 22 DI HIGH STAGE DAN R-404A DI LOW STAGE DENGAN VARIASI BEBAN PENDINGINAN
RANCANG BANGUN DAN ANALISA AERODINAMIS SAYAP AUTONOMOUS FLYING WING UAV
STUDY EKSPERIMENTAL LAJU KEAUSAN PADA 2 BUAH HIGH DENSITY POLYETHYLENE (HDPE) DENGAN VARIASI NORMAL LOAD PADA KONDISI RECIPROCATING SEBAGAI SENDI RAHANG (TEMPOROMANDIBULAR JOINT) MANUSIA
STUDI EKSPERIMENTAL RPOFIL GETARAN DAN TEKANAN RUANG SILINDER KOMPRESOR TORAK SINGLE-STAGE, SINGLE-ACTING:PENAGRUH PERUBAHAN PROFIL VALVE SEAT PADA SISI DISCHARGE
STUDI EKSPERIMEN PENGARUH PENAMBAHAN WIRE-COIL DAN VARIASI DEBIT FLUIDA PADA PIPA RECEIVER TERHADAP PERFORMA PERPINDAHAN PANAS KOLEKTOR SURYA TIPE LINEAR PARABOLIC CONCENTRATING
PERENCANAAN TURBIN UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO
UJI EKSPERIMENTAL DEX + ATIDIF PADA ENGINE DIESEL PUTARAN KONSTAN KAMA KM 178FS
UJI EKSPERIMENTAL BAHAN BAKAR CAMPURAN BIOSOLAR DENGAN ZAT ADITIF TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR DIESEL PUTARAN KONSTAN
ANALISA PENGARUH LEDAKAN BAHAN PELEDAK BERKEKUATAN TINGGI PADA PELAT BAJA TIPE ROLLED HOMOGENEOUS ARMOUR
STUDI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK VIBRASI DAN TEKANAN RUANG SILINDER PADA KOMPRESOR TORAK SINGLE-STAGE, SINGLE ACTING: EFEK PERUBAHAN VALVE SEAT PADA DISCHARGE LINE DENGAN TIGA VARIASI PERUBAHAN VALVE SEAT
STUDI EKSPERIMEN DISTRIBUSI TEMPERATUR NYALA API KOMPOR BIOETANOL TIPE SIDE BURNER DENGAN VARIASI DIAMETER FIREWALL
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN TERHADAP LAJU PELEPASAN MATERIAL, OVERCUT, DAN TAPERING PADA PROSES ELECTROCHEMICAL MACHINING
ANALISA DEFLEKSI BAN TANPA ANGIN PADA MOBIL TOYOTA ALTIS
STUDI EKSPERIMEN DAN NUMERIK KARAKTERISTIK BOUNDARY LAYER TURBULEN DI DALAM ASYMMETRIC FLAT-WALLED DIFFUSER "Studi Kasus untuk Bilangan Reynolds Rew1 = 5,85 x 10^4 dan Rew1 = 10,5 x 10^4"
ANALISA KEGAGALAN FATIK PADA SIDE ROD POMPA NH3 P-2102C K-1 (STUDI KASUS DI PT. PUPUK KALIMNATAN TIMUR)
ANALISA KEGAGALAN SECARA METALURGI DAN ANALISA TEGANGAN PADA MAIN WHEEL TIE BOLT BOEING 737-800
ANALISIS PENGARUH JUMLAH PENUMPANG, KECEPATAN, SUDUT BELOK DAN KEMIRINGAN JALAN TERHADAP STABILITAS KENDARAAN PADA DAIHATSU XENIA LI
PEMODELAN DAN SIMULASI COAL HANDLING PLANT UNTUK MENUNJANG STABILITAS PASOKAN BATUBARA (STUDI KASUS: PT. PJB UP PAITON)
ANALISIS KEGAGALAN KABEL KONTROL PADA FLIGHT SPOILER BAGIAN LUAR BOEING 737-400
STUDI NUMERIK KARAKTERISTIK ALIRAN 3 DIMENSI DISEKITAR MODEL SAPUANGIN DENGAN RASIO GROUND CLEARANCE TERHADAP PANJANG MODEL (C/L = 0.027)
PENGARUH DURASI GESEK, TEKANAN GESEK DAN TEKANAN TEMPA TERHADAP KEKUATAN SAMBUNGAN LASAN GESEK DIRECT-DRIVE PADA BAJA KARBON AISI 1045
SIMULASI PERFORMANSI HEAT EXCHANGER TYPE SHELL AND TUBE DENGAN DOUBLE SEGMENTAL BAFFLE TERHADAP HELICAL BAFFLE
STUDI NUMERIK KARAKTERISTIK ALIRAN DAN PERPINDAHAN PANAS PADA HEAT RECOVERY STEAM GENERATOR PLTGU BLOCK 3 DI PT PJB UNIT PEMBANGKITAN GRESIK DENGAN VARIASI SUDUT BUKAAN DIVERTER DAMPER (45%, 80% dan FULLY OPEN
PEMODELAN DAN ANALISA GETARAN MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 2 SILINDER 650CC SEGARIS DENGAN SUDUT ENGKOL 90° UNTUK RUBBER MOUNT
PENGARUH VARIASI FRAKSI VOLUME, TEMPERATUR DAN WAKTU POST-CURING TERHADAP KARAKTERISTIK TARIK KOMPOSIT POLYESTER PARTIKEL HOLLOW GLASS MICROSPHERES
PENGARUH PENAMBAHAN PROSENTASE FRAKSI VOLUME HOLLOW GLASS MICRSOSPHERE KOMPOSIT HIBRIDA LAMINA DENGAN PENGUAT SERAT ANYAMAN TERHADAP KARAKTERISTIK TARIK DAN BENDING
PERENCANAAN TATA LETAK PABRIK KNALPOT SEPEDA MOTOR DAN ASPEK-ASPEK PENGENDALIAN KUALITASNYA
PERENCANAAN INSTALASI POMPA PENGENDALI BANJIR DAN PERKIRAAN BIAYA PERKIRAAN BIAYA PD STASIUN POMPA SUMBER UMIS KODYA MADIUN
PENGARUH TEMPERATUR DAN WAKTU PENAHANAN PADA PROSES SPHEROIDIZING TERHADAP SIFAT - SIFAT MEKANIS BAJA KARBON TINGGI
PENINJAUAN SECARA TEKNO - EKONOMIS SISTIM AIR CONDITIONING PADA RUANG KOMPUTER
PENGEMBANGAN ALAT UKUR KETEGAKLURUSAN
STUDI NUMERIK KOMPONEN KRITIS PADA SISTEM PENGEREMAN KERETA API
STUDI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK REGENERATIVE SHOCK ABSORBER (RSA) MODEL ROTATIONAL JAW DAN PENGARUHNYA TERHADAP ROAD GRIP MOBIL PERKOTAAN
PERANCANGAN SISTEM KENDALI SLIDING-PID UNTUK PENDULUM GANDA PADA KERETA BERGERAK
STUDI NUMERIK PENGARUH PERUBAHAN KELENGKUNGAN SEGMEN KONTUR BAGIAN DEPAN TERHADAP KARAKTERISTIK ALIRAN TIGA DIMENSI (DEKAT DINDING) MELINTASI ASSYMETRI AIRFOIL (VARIASI CAMBER (δ=50) PADA 30%C SERTA α = 0°, 4°, 8°, 12° DAN 16° )
PENGARUH PENAMBAHAN GENERATOR HHO DENGAN VARIASI SUSUNAN ELEKTRODA PADA LUASAN TETAP TERHADAP UNJUK KERJA DAN EMISI GAS BUANG ENGINE SUPRA-X 125 PGMFi
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH PENAMBAHAN FLYWHEEL TERHADAP KARAKTERISTIK ENERGI BANGKITAN PADA MICROPOWER GENERATOR AKSIAL TOPOLOGY
PERANCANGAN MEKANISME PEREDAMAN GETARAN AKTIF PADA DUDUKAN KAMERA DAN ALGORTIMA PENGOLAHAN CITRA LUNAV-01(LAPAN UNMANNED AERIAL VEHICLE)
RANCANG BANGUN PROTOTIPE MEKANISME VIBRATION ENERGY RECOVERY SYSTEM (VERS) YANG DIPASANG PADA BOGIE KERETA API
PEMODELAN DAN ANALISA DINAMIKA (ENERGI TERDISIPASI) PADA GERAK VERTIKAL ANTARA SUSPENSI BOGIE DAN SUSPENSI GERBONG KERETA API
MENINGKATKAN LAJU PEMBONGKARAN PADA DERMAGA BONGKAR UNTUK MENGURANGI MASALAH ANTRIAN KAPAL DENGAN METODE SIMULASI (STUDI KASUS: PT PETROKIMIA GRESIK)
ANALISA KEKUATAN MATERIAL VELG SEPEDA MOTOR JENIS CASTING WHEEL TERHADAP TUMBUKAN DENGAN VARIASI KECEPATAN
ANALISA KEGAGALAN TOP HINGE GUIDE ARM PADA PINTU DEPAN PESAWAT TERBANG BOEING 737-300
HEAD TWIN SPINDLE UNIVERSAL TOOLROOM MILLING MACHINE SHW - UF 31 UNTUK PROSES FINE BORING CONNECTING ROD KUBOTA
PERENCANAAN SISTEM KONTROL PADA ROBOT MITS-X02
ANALISIS POMPA PROPULSI BERDASARKAN TAHANAN PADA JETFOIL
PERENCANAAN INSTALASI PIPA BALLAST PADA KAPAL CARAKA JAYA III, 3000 DWT
PENGENDALIAN PROSES PRODUKSI PEMBALUT WANITA MEREK MODESS DI GOHNSON-GOHNSON INDONESIA PANDAAN
PERENCANAAN TURBIN UAP TINGKAT TEKANAN (RATEAU) KAPASITAS 1300 KW (STUDI KASUS PN KERTAS BLABAL MAGELANG)
PERENCANAAN DISTRIBUSI UAP DI PG. KEDAWUNG
DRAFT SYSYEM UNTUK DUA KETEL PARALEL
PERENCANAAN THERMAL FEEDWATER HEATER PADA PLTU KAPASITAS 50 MW
PERENCANAAN KONDENSOR SUATU SISTEM PEMBANGKIT TENAGA UAP BERKAPASITAS 200 MW
ANALISA UNJUK KERJA TURBIN UAP IMPULS SINGLE STAGE TYPE P 9020
PERENCANAAN CONCENTRIC TUBE HEAT EXCHANGER DALAM PEMAKAIANNYA KHUSUS DI LABORATORIUM
CONDENSER STEAM POWER PLANT 50 MW
MODEL PEMBEKUAN PADUAN ALUMINIUM PADA SAND CASTING BENTUK POLA L&T
ANALISA DAN RENCANA OPTIMALISASI KETEL UAP PG KRIAN
ANALISA EFISIENSI SUPERHEATER PADA KETEL STORK KAPASITAS 20 TON/JAM DI PABRIK GULA NGADIREJO KEDIRI - JAWA TIMUR
PERENCANAAN PENGERING GABAH KAPASITAS SATU TON PER PENGERINGAN DENGAN BAHAN BAKAR SEKAM
ANALISA SISTEM PIPA UAP
ANALISA HEAT TRANSFER UNTUK MENENTUKAN KEBUTUHAN UAP IDEAL PADA VACCUM DAN CALANDRIA YANG BERKAPASITAS 200 HL DAN 350 HL DI PG. TJANDI SIDOARJO
PENGARUH PENAMBAHAN ETHANOL TERHADAP UNJUK KERJA MESIN DIESEL KUBOTA GA-100
ANALISA PERPINDAHAN PANAS TEORITIS PADA PIPA PENGUAP TWO-DRUM WATER TUBE BOILER
PEMAKAIAN METODE FINITE ELEMEN PADA ANALISA GETARAN AKSIAL MEKANISME FITTING AKIBAT BEBAN DINAMIS
ANALISA PENGGUNAAN BAHAN BAKAR SEKAM UNTUK INSTALASI KETEL UAP
ANALISA STABILITAS KENDARAAN DENGAN PENGARUH KECEPATAN, SUDUT BELOK, DAN JUMLAH PENUMPANG PADA SUZUKI KARIMUN ESTILO
RANCANG BANGUN STRUKTUR RANGKA KENDARAAN HYBRID RODA TIGA
ANALISA STRUKTUR RANGKA SEPEDA FIXIE DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA
PENGUJIAN KETELITIAN FLEXIBLE FIXTURE TANPA BEBAN PEMESINAN
STUDI KARAKTERISTIK ENERGI YANG DIHASILKAN MEKANISME VIBRATION ENERGY HARVESTING DENGAN METODE PIEZOELECTRIC UNTUK PEMBEBANAN FRONTAL DAN LATERAL
PERANCANGAN POMPA AXIAL SUBMERSIBLE ( STUDI KASUS INSTALASI PENEGENDALI BANJIR MULYOSARI SURABAYA )
PENGARUH PENAMBAHAN GENERATOR HHO DENGAN VARIASI RANGKAIAN SERI DAN PARAREL TERHADAP UNJUK KERJA MESIN HONDA SUPRA X 125 PGM-FI
STUDI EKSPERIMEN KARAKTERISTIK ALIRAN MELINTASI EMPAT SILINDER TERIRIS TIPE-I 53° YANG TERSUSUN SECARA EQUISPACED DENGAN JARAK ANTAR SILINDER L/D = 4 DIDEKAT DINDING DATAR ”Studi kasus untuk pengaruh jarak Gap = 0,533 ≤ G/D ≤ 0,733”
STUDI EKSPERIMEN DAN NUMERIK TENTANG PENGARUH PENAMBAHAN TIGA GUIDE VANES TERHADAP PRESSURE DROP ALIRAN DI DALAM RECTANGULAR ELBOW 90º “Studi Kasus untuk Bilangan Reynolds, ReDh ≈ 1,4x105”
STUDI EKSPERIMEN DAN NUMERIK TENTANG ALIRAN BOUNDARY LAYER MELINTASI ”BUMP” DENGAN RADIUS KELENGKUNGAN YANG BESAR
STUDI EKSPERIMEN DAN NUMERIK KARAKTERISTIK BOUNDARY LAYER TURBULEN DI DALAM ASYMMETRIC FLAT-WALLED DIFFUSER 20° “Studi Kasus untuk bilangan Reynolds ReW1 = 87000 dan ReW1 = 129000”
STUDI AWAL KOROSI BAJA KARBON RENDAH JIS G3101 GRADE SS400 PADA LINGKUNGAN AEROB DAN ANAEROB DI DALAM MEDIA CRUDE OIL DENGAN DAN TANPA PENAMBAHAN BAKTERI PEREDUKSI SULFAT (SRB)
KARAKTERSASI PROSES GASIFIKASI DOWNDRAFT BERBAHAN BAKU SEKAM PADI DENGAN SISTEM PEMASUKAN BIOMASSA SECARA KONTINYU DENGAN VARIASI PERBANDINGAN UDARA-BAHAN BAKAR (AFR)
RANCANG BANGUN SENSOR KEDATANGAN KERETA API SISTEM BANDULAN DENGAN METODE ELEKTROMAGNETIK
RANCANG BANGUN MEKANISME SEBAGAI EXCITER PROTOTYPE ALAT PEMANEN ENERGI PADA SUSPENSI KENDARAAN RODA EMPAT
RANCANG BANGUN MEKANISME PENGGERAK DAN PENGAIS KENDARAAN PENGAIS GARAM
PERENCANAAN PEMANAS UDARA TIPE COMPACT HEAT EXCHANGER DENGAN MEMANFAATKAN PANAS DARI FLUE GAS UNTUK PENGERINGAN BATUBARA LOW RANK DI PT. PJB PAITON PROBOLINGGO
PERENCANAAN MESIN PENDINGIN SISTEM ABSORPSI (LITHIUM BROMIDE) DENGAN MEMANFAATKAN WASTE ENERGY DI PT. PJB PAITON PROBOLINGGO
PERANCANGAN KOMPRESOR SENTRIFUGAL PADA TURBOCHARGER MOTOR BENSIN 1500cc UNTUK MENAIKKAN DAYA MAKSIMAL MESIN SEBESAR 25%
PENGARUH PENAMBAHAN GENERATOR HHO TERHADAP UNJUK KERJA MESIN DIESEL OTOMOTIF TIPE 2KD-FTV 2500cc
PERANCANGAN EJECTOR DAN MEKANISME PEMBUANGAN ABU DASAR BATUBARA DENGAN FLUIDA KERJA AIR
PENGEMBANGAN GENERATOR ELEKTRIK PADA RODA BELAKANG SEPEDA MOTOR DAN STUDI EKSPERIMEN PENGARUHNYA TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR
PENGARUH WAKTU PENAHANAN PADA PROSES QUENCHING-PARTITIONING DAN QUENCHING-TEMPERING TERHADAP SIFAT MEKANIK BAJA PEGAS JIS SUP 9A
PENGARUH UNJUK KERJA HONDA SUPRA PGM-FI DENGAN VARIASI ELEKTROLIT PADA GENERATOR HHO
PERANCANGAN ULANG SUDU KOMPRESOR AKSIAL (INTERMEDIATE PRESSURE COMPRESSOR) TURBIN GAS TIPE RB211-24GT (ROLLS ROYCE) PADA TEMPERATUR INLET 320C DAN PUTARAN 6466 RPM
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH KOROSI ELEKTRODA STAINLESS STEEL AISI 316 TERHADAP PRODUKSI GAS PADA GENERATOR BROWN GAS
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH BESARNYA POTENSIAL POWER SUPPLY TERHADAP TERJADINYA KOROSI PADA GENERATOR BROWN GAS
KARAKTERISASI UNJUK KERJA SISTEM DUAL-FUEL (SYNGAS HASIL GASIFIKASI DAN BENSIN) PADA GENERATOR SET MOTOR BENSIN HONDA EC 2900 L
PERENCANAAN SISTEM KONTROL PADA FLEXIBLE FIXTURE BERBASIS MICROCONTROLLER
UJI KARAKTERISTIK ENERGI BANGKITAN GENERATOR ELEKTRIK PADA SPEED BUMP PENGHASIL ENERGI LISTRIK DENGAN SISTEM PEGAS TORSIONAL
RANCANG HOT WIRE ANEMOMETRY DENGAN SENSOR SINGLE NORMAL HOT WIRE PROBE DAN PENGONDISI SINYAL CONSTANT TEMPERATURE
PENGARUH VARIASI BENTUK DAN JENIS RISER TERHADAP CACAT SHRINKAGE PADA PEMBUATAN CONNECTING ROD MENGGUNAKAN SIMULASI Z - CAST
RANCANG BANGUN MEKANISME GERAK ALAT UKUR KETEGAKLURUSAN
RANCANG BANGUN UNIT KONTROL ALAT UKUR KETEGAKLURUSAN
RANCANG BANGUN UNIT KONTROL UNTUK KURSI RODA YANG BISA NAIK TANGGA
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH IMPLANTASI ION TITANIUM NITRIDA (TiN) DAN LAPISAN HIDROKSIAPATIT (HAp) TERHADAP UMUR LELAH BIOMATERIAL STAINLESS STEEL AISI 316L
STUDI NUMERIK PENGARUH BEBAN PEMANASAN LUAR TERHADAP DISTRIBUSI TEMPERATUR SECARA DUA DIMENSI PADA PERMUKAAN DINDING LUAR KONTAINER PENDINGIN
ANALISA KERUSAKAN GLAND SEAL CONDENSER 31-E-10 DI PT. BADAK NGL BONTANG KALIMANTAN TIMUR
STUDI EKSPERIMEN PENGARUH JARAK LONGITUDINAL SILINDER TERIRIS TIPE - D SEBAGAI PENGONTROL PASIF TERHADAP GAYA DRAG PADA SILINDER UTAMA SIRKULER \\\"Studi Kasus Untuk Jarak S/D = 1,6 - 2,5\\\"
RANCANG BANGUN RANGKA FLEKSIBEL UNTUK MENDESAIN SEPEDA SPORT, MOUNTAIN DAN CHARPY MENGGUNAKAN METODE DFA
STUDI EKSPERIMEN PENGARUH SUDUT STAGGER SILINDER TERIRIS TIPE-D SEBAGAI PENGONTROL PASIF TERHADAP GAYA AERODINAMIKA SILINDER UTAMA SIRKULAR
ANALISA SISTEM KENDALI FUZZY PADA CONTUNUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) DENGAN DUA PENGGERAK PUSH BELT UNTUK MENINGKATKAN KINERJA CVT
UNJUK KERJA KOMPOR SUMBU 20 TANPA TEKANAN BERBAHAN BAKAR METHYLESTER JATROPHA CURCAS OIL DENGAN CAMPURAN KEROSENE
STUDI EKSPERIMENTAL DISTRIBUSI TEMPERATUR PENGARUH PEMANASAN LUAR PADA PERMUKAAN LUAR KONTAINER PENDINGIN DENGAN VARIASI PENAMBAHAN CABROOF
UJI PERFORMANSI KOLEKTOR SURYA TIPE LINEAR PARABOLIC CONCENTRATING SEBAGAI SUMBER PANAS GENERATOR PADA REFRIGERASI ABSORPSI
STUDI EKSPERIMENTAL PENGELASAN ALUMINIUM SERI 1XXX DENGAN METODE FRICTION STIR WELDING
DESAIN KONTROL PID UNTUK MENGATUR KECEPATAN MOTOR DC PADA ELECTRICAL CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (ECVT)
PERHITUNGAN ULANG SISTEM PENGKONDISIAN UDARA PADA RUANG OPERASI GBPT RUMAH SAKIT Dr. SOETOMO SURABAYA
PERHITUNGAN ULANG BEBAN PENDINGINAN MOBILE COLDSTORAGE 40 FEET UNTUK PRODUK IKAN TUNA
STUDI NUMERIK PENGARUH PENAMBAHAN DIFFUSER TERHADAP DISTRIBUSI TEMPERATUR DIDALAM KONTAINER PENDINGIN
PENGARUH VARIASI BEBAN DAN KECEPATAN KENDARAAN TERHADAP KECEPATAN YANG DIHASILKAN SMART SPEED BUMP PROFIL ½ ELIPS BERDASAR KEPMENHUB : POLISI TIDUR P= 1 METER DAN T= 0.12 METER
STUDI NUMERIK KARAKTERISTIK ALIRAN FLUIDA MELINTASI SILINDER GANDA TERIRIS TIPE I YANG TERSUSUN SECARA SIDE BY SIDE DENGAN JARAK TRANSVERSAL T/D = 3 DI DEKAT DINDING DATAR “Studi Kasus Untuk Pengaruh Sudut Iris Silinder 00 dan 650 dan Jarak Antara
STUDI ANALITIS CACAT CORAN PADA CYLINDER LINER FC 250 PROSES CENTRIFUGAL CASTING
PENGARUH CAIRAN PENDINGIN BERTEKANAN TINGGI TERHADAP KEAUSAN TEPI PAHAT, KEKASARAN PERMUKAAN, DAN GAYA TEKAN PADA PROSES GURDI MATERIAL BAJA AISI 4340
STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG DEFLEKSI ALIRAN TERHADAP PENGIRISAN KONTUR LEADING EDGE LOWERSIDE AIRFOIL TIDAK SIMETRIS DENGAN CAMBER ANGLE 54˚ (Angle Of Attack = 0 o, 2 o, 4 o, 6 o, 8 o, 10 o dan 12o)
STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG DEFLEKSI ALIRAN MELINTASI PELAT DATAR DENGAN VARIASI KELANGSINGAN LEADING EDGE (Dengan Angle of attack = 12°, 14o)
STUDI EKSPERIMENTAL DAN NUMERIK KARAKTERISTIK ALIRAN FLUIDA MELINTASI SILINDER DENGAN CAVITY-V ” STUDI KASUS : PENGARUH JUMLAH CAVITY-V (n = 0, 4, 12, DAN 20) PADA Re = 50000 DAN 63000 ”
ANALISA TEGANGAN PADA BEVEL GEAR MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD