x
Monday, September 3, 2012

Cara dan Aturan Memasang Kaca Film yang Benar

Cara dan Aturan Memasang Kaca Film yang Benar - Selain mengurangi paparan sinar matahari, kaca film juga memiliki fungsi keamanan yang tak dapat dianggap remeh.

  • Kaca Film Bukan Cuma Hiasan
Kaca film yang baik mampu mentransmisikan cahaya hingga 73,4 persen VLT (Visible Light Transmitted ) dan menangkal sinar ultraviolet (UV) hingga 99,9 persen dan panas inframerah (IR) hingga 99 persen. Artinya, kaca film kini sudah berubah fungsi sebab tak hanya menjadi bagian dari aksesori kendaraan.
Cara dan Aturan Memasang Kaca Film yang Benar
Cara dan Aturan Memasang Kaca Film yang Benar
Semua jenis kaca film, pada dasarnya, akan membatasi penglihatan dari luar ruangan ke dalam kabin mobil sehingga privasi Anda dapat terjaga. Kaca film yang baik juga dapat menyejukkan mata selama berkendara. Meski demikian, kaca film tidak akan mengurangi pandangan ketika berkendara di malam hari.

Di sisi lain, ada juga kaca film yang memiliki fungsi keamanan, di antaranya menambah kekuatan kaca secara signifikan. Misalnya, kalau kaca pecah akibat benturan keras, maka kaca film mampu menahan pecahan kaca sehingga tidak melukai penumpang dan pengendara.

Kaca film juga membuat suhu di dalam mobil tidak terlalu panas. Alhasil, selain penumpang nyaman, interior mobil seperti jok dan dashboard  juga tidak mudah rusak. Hal ini tentunya sangat menguntungkan, terlebih lagi jika interior mobil Anda dilapisi bahan kulit asli.

Cara dan Aturan Memasang Kaca Film yang Benar

Apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum memasang kaca film? Berikut tipsnya:

● Tentukan merek dan tipe kaca film yang ingin dipasang dengan mencari tahu kebutuhan atau keinginan Anda dari sebuah ka­ca­ film. Apakah kaca film digunakan untuk menolak panas, mendapatkan privasi, atau memperkuat keamanan.

● Cari informasi dan referensi dari penjual kaca film. Anda juga bisa bertanya kepada teman-teman. Lalu bandingkan spesifikasi masing-masing produk berikut harganya.

● Jangan malas untuk mencari tahu atau berta­nya­ in­for­­masi­ lain seperti garansi produk dan bagaimana cara mengklaimnya.

● Pastikan untuk mencari waktu yang sesuai dengan jadwal Anda ketika ingin memasang kaca film. Ini dilakukan agar Anda sendiri dapat memantau pekerjaan pemasangan kaca film tersebut. Cara ini juga memungkinkan Anda langsung mengoreksi proses atau hasil yang tidak sesuai dengan keinginan. Apalagi kaca film yang tidak merekat kuat pada kaca kendaraan akan mudah terkelupas dan membuat tampilan kaca buram.

Ganti Kaca Film Secara Berkala

Sebenarnya, tak ada ritual khusus yang harus dilakukan untuk merawat kaca film. Pasalnya, kaca film sudah memiliki kemampuan SR (scratch resistance ) yang mampu melindungi kaca film dari lecet atau goresan.

Meski begitu, tak ada salahnya membersihkan kaca film secara berkala. Langkahnya pun mudah, cukup seka kaca film dengan larutan air dan sabun. Catatannya, dengan atau tanpa perawatan, sebaiknya Anda mengganti ka­ca film setiap 5 – 7 tahun agar fungsinya tetap berjalan efektif.

Demikianlah informasi dan ulasan yang berjudul "Cara dan Aturan Memasang Kaca Film yang Benar" dari DR Warta yang semoga bermanfaat buat kita semua.
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email: