x
Tuesday, September 18, 2012

Cara Mengatasi Masalah Kulit Ketika Hamil

Cara Mengatasi Masalah Kulit Ketika Hamil - Hamil. Semua wanita yang sedang mengandung pasti merasakan perubahan bentuk tubuh. Bukan hanya area perut seiring pertumbuhan janin, tapi juga pembengkakan beberapa bagian tubuh lainnya yang seringkali menimbulkan rasa tak nyaman.
Cara Mengatasi Masalah Kulit Ketika Hamil
Cara Mengatasi Masalah Kulit Ketika Hamil
Apa penyebabnya? Hormon. Selama masa kehamilan, hormon dalam tubuh akan mengalami perubahan. Ini memicu pertambahan berat badan, pembengkakan area payudara, pembesaran rahim, sekaligus membuat kulit kehilangan kelembaban sehingga terasa kering dan mudah gatal.

Cara Mengatasi Masalah Kulit Ketika Hamil

Semua perubahan memang terjadi akibat faktor hormon. Akan tetapi, bukan berarti tak ada langkah untuk mengurangi keluhannya. Simak beberapa tips berikut, seperti dikutip dari laman Livestrong:

1. Hindari air panas
Hindari mandi atau membasuh wajah dengan air panas. Gunakan air dingin untuk memaksimalkan kelembaban alami kulit. Dan untuk meningkatkan kelembabannya, gunakan produk pelembab yang bebas kandungan senyawa berbahaya. Pelembab berbahan arnica oil dan coconut oil bisa menjadi pilihan.

2. Jaga dari dalam
Melakukan perawatan tubuh saat masa kehamilan tak cukup dengan perawatan dari luar saja, tapi juga dari dalam. Ini yang banyak dilupakan para wanita hamil lantaran tidak menggali pemicu utamanya dari dalam.

Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup minimal delapan gelas sehari sangat baik untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, sekaligus baik bagi perkembangan janin. Air putih menjadi pilihan aman. Hindari alkohol, soda, atau minuman berkadar kafein tinggi seperti kopi.

3. Waspadai produk bahaya
Jika Anda memiliki kulit yang berminyak dan berjerawat, saat masa hamil mungkin kondisinya terasa semakin parah. Dalam kondisi ini sebaiknya tidak gegabah memilih sembarang produk antijerawat. Konsultasikan semua penggunaan krim wajah termasuk krim malam, krim pencerah, atau pemutih. Penggunaan kosmetika tanpa kewaspadaan bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin.
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email: