x
Wednesday, May 28, 2014

Cara Mengajari Anak Tidur Sendiri

Cara Mengajari Anak Tidur Sendiri . Untuk mengajari anak tidur sendiri diperlukan kesabaran dan pemahaman yang dapat dimengerti bahasa anak. Berikut adalah cara mengajari anak tidur sendiri yang bisa dilakukan pada putra putri anda.

Akan menjadi momen yang menyenangkan ketika bayi kecil Anda mulai memiliki tempat tidur sendiri. Akan tetapi mengubah kebiasaan si kecil yang semula tidur bersama Anda dan suami, tidak bisa semudah membalikkan telapak tangan, lho.


Anda mungkin sudah mulai mengajari buah hati yang berusia di atas 5 tahun untuk berani tidur sendiri di kamarnya. Namun demikian, ketika si kecil sudah mulai berani tidur sendiri, ada kalanya di tengah malam tiba-tiba ia menangis dan merengek untuk untuk kembali bersama ayah dan ibunya.
Memang sangat menyenangkan bisa menghabiskan malam bersama si kecil di atas

tempat tidur besar. Sehingga Anda dan suami bisa setiap saat memeluk si buah ahti kapan pun Anda mau. Namun tentu saja tidak bisa terus menerus si kecil di biasakan tidur bersama Anda. Untuk usia tertentu, si kecil sudah harus bisa mandiri, tidur di kamarnya sendiri.

Untuk memulainya, Anda bisa secara perlahan mengajak si kecil bicara mengapa ia harus mulai mandiri di malam hari. Misalnya, jelaskan kepada dirinya bahwa tubuh kecilnya semakin hari sudah semakin besar sehingga tepat tidur ayahd an ibu sudah tidak muat lagi bila dipakai bersamanya terus-terusnya. Anda bisa menyampaikan penjelasan ini melalui dongeng positif yang tidak mengandung unsure menakut-nakuti dia.

Jika si kecil sudah mau mencoba tidur sendiri, namun di tengah malam ia masih mengetuk pintu kamar Anda, temui dia lalu ajak kembali dia ke kamarnya sambil Anda gandeng tangannya. Selanjutnya, sebelum Anda menutup pintu kamarnya, peluk, elus-elus punggungnya,  dan cium kepalanya terlebih dahulu agar dia tahu Anda selalu ada untuknya, meskipun sudah tidak tidur lagi dalam satu kamar.

Untuk menegakkan disiplin kepada si kecil, jangan pernah lelah untuk membujuknya kembali ke kamar tidurnya setiap kali ia merengek di tengah malam memohon untuk tidur bersama Anda dan suami di kamar utama. Gandeng kembali tangannya dengan sabar dan ajak dia naik lagi ke tempat tidurnya. Jika ia punya boneka kesangan yang harus selalu dipeluknya, izinkan dia memeluknya selama tidur, lalu matikan lampunya.

Namun ingat, agar si kecil betah berada di kamarnya, janagn pernah membiasakan diri untuk mengizinkan si kecil membawa banyak makanan dan minuman ke kamarnya. Sebab makan dan minum sesaat sebelum tidur bukanlah kebiasaan yang baik. Justru Anda seharusnya mengajari si kecil untuk jangan pernah lupa sikat gigi dan buang air kecil sebelum tidur agar dia tidak mengompol.

Uraian di atas tadi tentang Cara Mengajari Anak Tidur Sendiri dapat bapak / ibu lakukan terhadap putra/putri di rumah. Kuncinya adalah kesabaran dan tidak lelah memberi pemahaman kepada anak-anak. Selamat mencoba.
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email: