x
Tuesday, August 7, 2012

Bahaya Pakai WiFi Tanpa Password di Tempat Umum

Bahaya Pakai WiFi Tanpa Password di Tempat Umum - Berselancar dunia maya di tempat umum dengan fasilitas WiFi, ternyata berpotensi menjadi alat bagi oknum pelaku kejahatan cyber untuk menyusupkan program jahat di perangkat milik pengguna.
Bahaya Pakai WiFi Tanpa Password di Tempat Umum

Bahaya Pakai WiFi Tanpa Password di Tempat Umum

Sudah tahu bahaya pakai WiFi tanpa password di tempat umum ?.. Hal ini dikemukakan Technical Consultant Symantec Indonesia, Fransiskus Andi Indromojo di Jakarta, Senin (7/8/2012). Ia mengatakan, WiFi yang tidak membutuhkan password, khususnya di tempat umum, patut diwaspadai sebagai pancingan yang dilakukan pelaku kejahatan cyber dengan menarget pengguna perangkat mobile.

Bahaya Pakai WiFi Tanpa Password di Tempat Umum

WiFi di tempat umum memang beresiko berisiko, bisa mendukung terjadinya pencurian data. Kalau ada Wifi yang tidak pakai password, jangan memasukan identitas kredensial. Dan sekali lagi Anda perlu bertanya kenapa WiFi koq diumbar tanpa passwords? Apakah pemiliknya memang sebaik itu?... Di jaman yang serba penuh dengan trik dan taktik seperti sekarang ini.

Dengan memasukkan identitas kredensial (untuk login username dan password) di WiFi berisiko tersebut, maka memungkinkan bagi oknum untuk dapat mengetahui identitas pengguna. Caranya, pelaku dapat merancang tampilan website yang mirip dengan website asli.

Ketika pengguna memasukkan identitas username dan password-nya, maka informasi tersebut bisa masuk ke server milik si pelaku. Dengan begitu, pelaku akan dapat menggunakan informasi itu untuk tujuan tertentu atau bahkan merugikan sang korban.

Melalui data dari Symantec Internet Security Threat Report (Volume 17), mengungkap aktivitas serangan cyber yang meningkat di seluruh dunia. Laporan itu menyebutkan, dengan dibantu toolkit, penjahat cyber mampu menggunakan kerentanan yang sudah ada secara efisien.

Selain itu, maraknya situs jejaring sosial yang meluas, mampu menarik jutaan pengguna dan menyediakan lahan subur bagi penjahat cyber. Laporan juga mengungkapkan, pembuat malware merancang program jahatnya tersebut untuk dapat menjangkit platform mobile.

Menurut saya, jika Anda memikirkan keamanan, sebaiknya tidak terpancing dengan WiFi yang diumbar tanpa passwords atau lebih aman lagi ndak perlu menggunakan fasilitas WiFi di tempat umum atau bahkan kantor Anda. Bawa saja modem Anda sendiri. Bukankah berlangganan internet juga sangat murah saat ini.

Demikianlah informasi yang sangat penting yang berjudul "Bahaya Pakai WiFi Tanpa Password di Tempat Umum" dari DR Warta yang semoga bermanfaat buat kita semua.
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email: