x
Monday, August 6, 2012

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur - Meskipun seolah ada jadwalnya, ternyata tidak sedikit wanita yang kadang menderita menstruasi tidak teratur. Itu benar, SIKLUS menstruasi memang tidak sama pada semua perempuan. Periode menstruasi normal biasanya dari dua hingga tujuh hari. Pola siklus normal bisa berada pada rentang 21 hingga 35 hari.
Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Sudah tahu Penyebab Menstruasi Tidak Teratur ?... Seseorang dikatakan memiliki perdarahan abnornal atau perdahan uterus yang tidak normal jika terjadi perdarahan di luar siklus reguler, menstruasi lebih lama atau lebih banyak dibandingkan normal, terjadi antara periode, waktu antara periode lebih panjang dibadingkan normal, atau tidak munculnya periode menstruasi.

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Perdarahan yang tidak normal bisa disebabkan oleh berbagai hal, tapi sebab yang paling umum adalah ketidakseimbangan hormon. Berikut pemicu lainnya:

Stres
Siklus baru. Beberapa perempuan mengalami periode menstruasi yang tidak teratur. Siklus tidak teratur ini bisa terjadi selama beberapa bulan atau tahun.

Masalah diet, misalnya anoreksia, bulimia atau diet yang buruk. Jika Anda mengonsumsi banyak makanan cepat saji (fast food), berarti Anda tidak memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Jika Anda mengurangi frekuensi makan, berarti Anda mengirim tubuh ke mode bertahan. Tubuh menerima pesan bahwa tubuh kelaparan. Akibatnya, tubuh akan menutup sistem yang tidak perlu.

Obat-obatan, baik obat yang diresepkan maupun obat-obat terlarang.

Aktivitas seksual, khususnya di awal-awal.

Kecemasan mengenai kehamilan.

Penyakit atau ketidakseimbangan fisiologis, seperti kondisi tiroid.

Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi gejala gangguan yang lebih serius, khususnya endometriosis, uterine fibroid serta tumor. Jika siklus Anda tidak teratur, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.

Ketidakteraturan siklus menstruasi dibagi menjadi dua kategori:

  • Ketidakteraturan jangka panjang (long term irregularity). Kondisi ini termasuk siklus dengan durasai bervariasi dari bulan ke bulan, perdarahan berlebih, tidak menstruasi sama sekali dalam satu bulan, serta periode menstruasi yang menimbulkan rasa sakit kronis. Jika Anda mengalami perdarahan yang berkepanjangan atau gejala sakit berlebih, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.

  • Ketidakteraturan tiba-tiba atau jangka pendek (Sudden or Short term Irregularity). Ketidakteraturan jangka pendek bisa dipicu oleh berbagai penyebab di atas. Kondisi ini pada umumnya tidak menimbulkan masalah, kecuali jika Anda mengalami rasa sakit atau mersa ada yang tidak beres.

Herbal untuk mengontrol menstruasi

Ginseng, ginseng Siberia , motherwort, vitex, don quai, Wild Yam dan licorice dinyatakan bisa membantu mengatasi masalah ini. Sistem pengobatan China telah menggunakan don quai untuk mengontrol menstruasi sejak abad ke-6 SM. Pada umumnya, don quai dikonsumsi dua minggu sebelum menstruasi.

Studi-studi di China, seperti dikutip situs womenfitness.com, menemukan bahwa herbal ini bisa menguatkan penggunaan oksigen di hati. Selain itu, don quai juga mengandung sejumlah kecil nutrisi penting untuk perempuan, sepetrti vitamin B2, B6, dan E, asam pantotenat, choline dan seng.

Demikianlah informasi penting tentang kesehatan wanita yang berjudul "Penyebab Menstruasi Tidak Teratur" dari DR Warta yang semoga bermanfaat buat kita semua.
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email: